Wednesday, 06 March 2019 | 08:00:11 WIB | 71 Pembaca

Walikota Firdaus Senang, Pekanbaru Menjadi Tuan Rumah Hut SatPol PP, Damkar dan SatLinmas

pemerintahan

Foto:

Portalriau.com - PEKANBARU -  Upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Ke 100 Pemadam Kebakaran, Hut Ke 49 Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Hut yang Ke 57 diselenggarakan di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai Pekanbaru bertepatan pada hari rabu 06/03/2019.

 

Pada acara tersebut Pekanbaru terpilih jadi tuan rumah yang mewakili seluruh Daerah dan Provinsi berskala Nasional. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai perwakilan Damkar, Satpol PP dan Linmas seluruh Indonesia. Pada kesempatan itu, Walikota Pekanbaru, Dr. H.Firdaus ST.MT yang menghadiri acara merasakan gembira karena Pekanbaru menjadi tuan rumah, "Sangat senang karena banyak tamu dari sejumlah daerah di nusantara hadir dalam ajang ini. Apalagi kita dapat kehormatan Pak Menteri datang memimpin langsung upacara," terangnya.

 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI - Tjahjo Kumolo pada acara itu yang sekaligus menjadi pemimpin pelaksanaan apel HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Nasional yang berjalan khidmat itu dalam arahannya menekankan kepada Damkar, Satpol PP dan Satlinmas agar memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. "Damkar, Satpol PP dan Satlinmas bisa terjun ke lapangan semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat," pintanya.

 

Kemudian Mendagri juga berharap, dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) Damkar, Satpol PP dan Linmas dapat melekat terhadap Polda dan Polres setempat. "Ini untuk meningkatkan koordinasinya untuk menjaga tempat-tempat pemungutan suara dan tempat yang vital seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat," pesannya. Lebih lanjut, Mendagri mengatakan fungsi melayani masyarakat tidak hanya pada perizinan dan regulasi saja termasuk fungsi Damkar, Linmas dan Satpol PP tetap dibutuhkan.

 

"Saya kira itu intinya, agar kedepan pelayanan kepada masyarakat tidak hanya semata-mata perizinan saja dan aspek-aspek regulasi," tegasnya lagi. Berbagai atraksi diperagakan ketiga dinas yang merayakan HUT di lapangan sepak bola Kaharuddin Nasution yang dihadiri ratusan pelajar di Pekanbaru.di antaranya jalan sehat di arena Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) dan skill competition personel Damkar, Kegiatan lainnya juga digelar Rakornas Damkar, Satpol PP dan Satlinmas hingga bazar di areal Stadion Kaharuddin Nasution.

 

Disisi lain, sebelum puncak harinya Walikota Pekanbaru DR. H Firdaus, ST.MT terus memantau persiapan pelaksanaan HUT Damkar, Satlinmas dan Satpol PP. Ia mengaku puas dengan pelaksanaan Iven Nasional di Pekanbaru, Untuk Persiapan HUT Damkar, Satpol dan Linmas sendiri disebut wali kota sudah 100 persen. "Persiapan sudah siap, sudah berjalan sesuai yang diharapkan," terang wali kota disela-sela mendampingi Mendagri. Sebelumnya, adanya iven tingkat nasional yang menghadirkan ribuan orang ke Pekanbaru, diharapkan bisa dampak positif bagi perkembangan perekonomian di Pekanbaru.

 

“ Ada sekitar 6000 pengunjung yang hadir ke Pekanbaru dari seluruh Indonesia untuk mengikuti iven nasional di Pekanbaru. Hotel-hotel akan terisi dan juga pusat kuliner akan ramai didatangi, ”ungkap Sekdako Pekanbaru M Noer. Dilain sisi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengatakan, tidak mudah bagi Kota Pekanbaru untuk bisa terplih sebagai tuan rumah penyelenggaran iven tingkat nasional seperti HUT Damkar. " Kita sudah sampaikan permohonan menjadi tuan rumah sejak awal tahun lalu, pasca peringatan HUT Damkar di Ambon,” sebut Gurning yang beberapa kali mendatangi Kemendagri terkait kesiapan kota Pekanbaru sebagai tuan rumah. (DPR/Edi/Hms)