Populer
Thursday, 03 May 2018 | 14:37:26 WIB | 234 Pembaca

Bupati Bengkalis tinjau, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018

Pendidikan

Foto:Bersama Bupati Bengkalis saat meninjau sekolah SD.

MANDAU (Portalriau.com) – Pada hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 di sejumlah sekolah di Kecamatan Mandau dan Pinggir, Kamis 3 Mei 2018, Sebanyak 12.522 pelajar yang tersebar pada 358 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bengkalis mengikuti pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018.

 

Pelaksanaan USBN berlangsung selama tiga hari, mulai Kamis hingga Sabtu 3-5 Mei 2018. Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama USBN, Bahasa Indonesia. Kemudian pada hari kedua, Matematika dan pada Sabtu (hari ketiga) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

 

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, jumlah peserta USBN dari Kecamatan Bengkalis sebanyak 1.689 peserta, terdiri dari 860 peserta laki-laki dan 829 perempuan.

 

Kecamatan Bantan sebanyak 707 peserta, terdiri 372 peserta laki-laki dan 335 perempuan. Kecamatan Bukit Batu dan Bandar Laksamana sebanyak 763 peserta (laki-laki 363 peserta dan perempuan 400 peserta), Siak Kecil 494 peserta (terdiri 238 laki-laki dan 256 perempuan).

 

Selanjutnya dari Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan sebanyak 5.716 peserta (laki-laki 2.959 peserta dan 2.757 peserta), Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau sebanyak 2.062 peserta (laki-laki 1.081 peserta dan perempuan 981 peserta).

 

Kecamatan Rupat sebanyak 749 peserta (laki-laki 371 peserta dan perempuan 378 peserta) dan terakhir dari Kecamatan Rupat Utara sebanyak 342 orang, terdiri dari peserta laki-laki 162 orang dan perempuan 180 peserta.

 

Pada hari pertama pelaksanaan USBN 2018, Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Edi Sakura, meninjau sejumlah sekolah yang ada di Kecamatan Pinggir dan Mandau.

 

Ternyata dalam Tinjauan kesalah satu Sekolah Dasar di Kecamatan Mandau membangkitkan nostalgia (kenangan) orang nomor satu di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis.

 

Nostalgia itu kembali mencuat, ketika Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat meninjau Sekolah Dasar Negeri (SDN) 10 Mandau, di Jalan Nusantara 2, Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau. Ternyata di sekolah yang saat ini dinakhodai Dewi Mardalena itu, tempat suami dari Kasmarni ini menempuh pendidikan, tepatnya pada sekitar tahun 80-an.

 

Sebagai sekolah pertama dirinya mengenal cara membaca dan berhitung, tentu banyak kenangan indah yang dirasakan oleh Amril kecil, bersama guru dan teman-temannya. “Ini sekolah saya, pada tahun 80-an,” ujarnya.

 

Untuk menggugah ingatan mantan Kepala Desa Muara Basung ini, salah seorang guru berkata “Dulu bangunannya tak seperti ini pak. Meski begitu ada beberapa bangunan yang masih seperti dulu.”

 

Sebagai alumni SDN 10 Mandau, ternyata Kepala Sekolah Dewi Mardalena, memberikan penghormatan khusus kepada Bupati Bengkalis Amril Mukminin dengan memberikan tanjak berwarna hitam dipadu dengan benang emas kemilau.

 

Tak hanya Bupati Bengkalis yang mendapatkan tanjak dari pihak sekolah, saat itu juga diberikan tanjak Melayu kepada Asisten Ekonomi dan Pembangunan Heri Indra Putra dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura. 

 

Kepala Sekolah Dewi Mardalena, mengaku senang atas kunjungan Bupati Bengkalis yang meninjau pelaksanaan USBN di sekolahnya. Kehadiran orang nomor satu di Negeri Junjungan ini, tentu merupakan sebuah kebanggaan bagi pihak sekolah, karena salah satu alumninya menjadi menjadi Bupati Kabupaten Bengkalis.

 

 “Kami bangga dan bahagia. Karena salah satu alumni kita menjadi orang nomor satu di kabupaten ini. Mudah-mudahan, kedepan anak-anak kita juga mengikuti jejak Bapak Amril Mukminin,” ujar Dewi.

 

Seperti diketahui, selain meninjau pelaksanaan USBN di SDN 10 Mandau, Bupati Bengkalis Amril Mukminin meninjau sekolah yang berada dekat dengan rumahnya, yakni SDN 5 Pinggir di Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir. Selanjutnya, Amril Mukminin bersama rombongan meninjau pelaksanaan USBN di SDN 4 Pinggir, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Balai Raja, Kecamatan Pinggir. 

 

Setelah menanyakan kepada kepala sekolah tentang pelaksanaan USBN di SDN 4 Pinggir, selanjutnya Bupati Amril Mukminin meneruskan perjalanan untuk meninjau USBN di SD swasta Alkautsar, di Jalan Kayangan, Kecamatan Mandau. Terakhir, rombongan meninjau pelaksanaan ujian di SDN 10 Jalan Nusantara 2 Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau.

 

Turut dalam rombongan yang meninjau pelaksanaan USBN di sekolah Kecamatan Mandau dan Pinggir, yakni Camat Mandau Basuki Rahmat, Camat Pinggir Toharudin, Camat Bathin Solapan dan Plt Camat Talang Muandau Al Azmi Zulihar.***