Saturday, 21 April 2018 | 02:14:58 WIB | 125 Pembaca

 Kecamatan Bathin Solapan, Musabaqoh Tilawatil Qur'an yang pertama di buka Bupati Bengkalis

MTQ

Foto:

BATHIN SOLAPAN (Portalriau.com) – Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) yang pertama kali di Kecamatan Bathin Solapan resmi digelar bertempat Pasar Sultan Syarif Kasim Desa Tambusai Batang Dui dan disaksikan oleh Ribuan masyarakat yang ada di Kecamatan baru ini.

 

MTQ Tingkat Kecamatan Bathin Solapan yang pertama ini dibuka langsung oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin dengan menekan tombol sirine dan didampingi oleh Camat Bathin Solapan H. Amiruddin tampak dari pantauan pembukaan MTQ pertama di Kecamatan baru ini sangat meriah dengan dentuman serta warna-warni letusan kembang api.

 

Sebelumnya, Bupati Bengkalis telah membuka secara resmi pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Siak Kecil, Bukit Batu, Pinggir, Bantan, Bengkalis dan Bandar Laksamana.

 

Dalam sambutannya, Bupati Amril mengatakan MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menjaring para qori dan qori’ah yang selanjutnya akan mengikuti mtq di tingkat kabupaten dan naik ke tingkat provinsi.

 

“Dengan kegiatan MTQ ini gezzah islam yang kembali menggeliat dan terlihat  di kalangan masyarakat sehingga Al-Quran betul-betul lekat pada diri masyarakat dan dengan sendirinya prilaku masyarakatpun akan terarah menuju prilaku yang qurani,” harap Amril

 

Dijelaskan Amril, Kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial atau bahkan pelaksanaan program santri tahun akhir semata. MTQ adalah momentum yang tepat untuk menumbuhkan kembali semangat keislaman dan semangat persatuan umat islam yang saat ini sedang mengalami masa krisis, di mana alquran hanya sebatas ditenggorokan, belum menyentuh qalbu.

 

Sebagai bahan pemikiran kedepan, Bupati Bengkalis Amril Mukminin berharap keseriusan untuk menangani potensi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) mulai dari tingkat kecamatan yang dapat bekerja sama dengan kantor urusan agama dan lembaga keagamaan yang ada di kecamatan.

 

Kemudian, sambungnya, LPTQ Kabupaten Bengkalis  dapat turut membina LPTQ tingkat kecamatan, karena seluruh kecamatan memiliki potensi yang sama tentang kualitas sumber daya manusia.

 

“Kepada lembaga terkait berikan perhatian serius kepada kita semua, seyogyanya kecamatan diwakili oleh peserta yang berasal dari kecamatan tersebut demi mewujudkan islam rahmatan lil ‘aalamin,” harap Amril.

 

Setiap penyelenggaraan MTQ seperti ini, kata Bupati, sepatutnya mampu untuk senantiasa memperbaharui dan memantapkan niat, bahwa menyelenggarakan MTQ adalah dalam rangka ibadah.

 

Kepada qori’ dan qori’ah yang mengikuti mtq ini untuk dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki, jaga kesehatan, dan jalin hubungan silaturrahmi dengan kafilah yang lain, diantara kalian semuanya yang menjadi terbaik akan mewakili kafilah Kecamatan Bathin Solapan pada tingkat kabupaten nantinya, pesannya.

 

Selain itu imbuh Bupati Bengkalis, Sebentar lagi kita akan merayakan pesta hajat akbar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Riau, suatu kewajiban bagi kita sebagai warga Provinsi Riau memiliki rasa tanggung jawab untuk menggunakan hak pilih kita.

 

“Sungguh keliru apabila pelaksanaan MTQ hanya dipahami dari sisi kegiatan syi’ar keagamaan. tanpa mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya.” pungkas Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

 

Terlihat hadir, Ketua Umum LPTQ Provinsi Riau, H Ahmad Syah Haroffie, Kemenag Bengkalis, Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis, Ketua PP Bengkalis, H Heri Indra Putra, H Jumari, Camat Bathin Solapan, H Amiruddin, Ketu Panitia, Wahyu Hidayat, Ketua DDI, Muhammd Subli, Ketua Baznas, Ali Ambar, Ketua LAMR Kecamatan Bathin Solapan Rahmat Yusuf dan sejumlah Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Bengkalis.(prc/dpr).

Whoops, looks like something went wrong.