Populer
Wednesday, 02 May 2018 | 15:47:36 WIB | 220 Pembaca

Pusat Hardiknas pelaksanaannya di Duri, "Pendidikan Memajukan Kebudayaan”.

Pendidikan

Foto:




Mandau (Portalriau.com) – Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengajak seluruh elemen di Negeri Junjungan untuk menjadikan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 Tingkat Kabupaten Bengkalis, sebagai momentum merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan.


“Selaras dengan tema peringatan Hardiknas 2018, “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Hal itu tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara,” ungkap Bupati Amril yang membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada upacara peringatan Hardiknas tahun ini.


Tak hanya itu, lanjut Amril, peringatan Hardiknas 2018 juga sebagai ajang muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha–usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan.


“Pada Hardiknas 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok kebelakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan. Untuk kemudian bergegas melangkah kedepan menggapai cita–cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan,” tuturnya.


Lebih lanjut Amril menegaskan jika kebudayaan nasional dihujamkan dalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pula lah bangunan pendidikan nasional. Disamping itu, disahkannya undang–undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional.


Upacara yang diikuti ribuan peserta ini digelar di Stadion Pokok Jengkol, Duri, Kecamatan Mandau. Rabu, 2 Mei 2018. Turut dihadiri Sekretaris Daerah Bengkalis Bustami, para kepala perangkat daerah dan pejabat eselon III, para camat  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, serta Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni.


Dari unsur Forkominda, dihadiri Wakapolres Bengkalis, Kompol Ade Zamrah dan Dandim 0303 Bengkali diwakili Danramel Mandau Kapten Inf Y Mandrova, Polsek Mandau, Polsek Pinggir, anggota DPRD Bengkalis asal daerah pemilihan Kecamatan Mandau.  


Usai upacara, acara dilanjutkan dengan atraksi Marching Band Bahana Cendana Kartika Duri dari Yayasan Pendidikan Cendana Distrik Duri yang mempersembahkan Ritmis Perkusi Gelas, Dentuman suara dram berjudul Warming Up, lagu Uptown punk ditutup dengan lagu Spice Mon.***