Tuesday, 10 September 2019 | 09:47:38 WIB | 141 Pembaca

Hasil Mediasi 7 Kesepakatan PT HKI Dengan Masyarakat Duri 13.

Tenaga Kerja

Foto:Mediasi antara pihak PT HKI bersama perwakilan masyarakat Duri 13

 

 

Portalriau.com- Bathin Sobanga- Aksi demo ratusan perwakilan warga dari  4 desa yaitu Desa Bumbung,Desa Kesumbo Ampai,Desa Bathin Sobanga dan Desa Pamesih Kecamatan Bathin Solapan pada (9/9/19) akhirnya menghasilkan 7 kesepakatan.Kesepakatan yang dihadiri Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto tersebut merupakan hasil rapat mediasi antara pihak perusahaan PT HKi Pekdum 5 dengan belasan perwakilan dari masyarakat.

 

Adapun hasil kesepakatan tersebut adalah sebagai berikut pertama silahturahmi kepada para tokoh masyarakat dan pemerintahan desa terkait 

pembangunan proyek jalan tol di Desa Bumbung, Desa Kesumbo Ampai. Desa Bathin Sobanga dan Desa Pamesi Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis. 

Dan yang kedua adalah tenaga kerja (Pekerja) melibatkan warga lokal sebanyak 40% dari jumlah pekerja (skill dan non skill) yang ada di PT. HKI beserta Subkonnya dengan dikontrol oleh Pemerintahan Desa, dan pengusaha dari warga sekitar diajak bekerjasama. Dan ketiga  juga soal lingkungan kawasan masyarakat mengalami dampak debu (abu) akibat pekerjaan jalan tol, agar dilakukan tindak Ianjut/penyiraman dimulai dari pukul 06.00 s/d selesai kegiatan kerja untuk mengurangi dampak debu (abu) yang mengakibatkan 

terjangkitnya penyakit pemafasan kepada warga masyarakat di wilayah sekitar proyek. 

Pada poin  4 disrpakati bahwa setiap kerusakan jalan yang dilintasi oleh kendaraan proyek di wilayah sekitar proyek PT.HK| untuk segera diperbaiki seperti semula setelah project selesai. Untuk saat tini setiap kerusakan jalan dilakukan perbaikan sampai dengan prime coat. 

 

Dan yang kelim  aktifitas pekerjaan mempunyai batas waktu sampai dengan pukul 22.00, jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan lebih dari waktu yang ditentukan maka PT.HKI akan menginfokan kepada masyarakat setempat melalui penanggung jawab yang telah ditunjuk bersama. Kecepatan maksimal kendaraan proyek 40 Km/Jam. 

Untuk kesepakatan yang ke enam bahwa perusahaan berpartisipasi membantu kegiatan sosial masyarakat dan posko kesehatan bagi masyarakat di daerah yang rawan debu. 

 

Dan yang terakhir bahwa . PT.HK| bersedia menjembatani terkait dengan hutang gaji pekerja yang belum dibayar oleh pihak subkon. 

Hasil kesepakatan yang diketik dalam kertas tersebut juga dilengkapi dengan materai Rp 6000 serta pembubuhan tanda tangan dari perwakilan masyarakat yaitu Kepala Suku Sakai Bathin Sobanga Datuk M Nasir, Kepala Suku Sakai Bathin Bumbung Datuk Rahman 

Selain itu juga Kepala Desa Pamesi Rakino 

,Kepala Desa Bumbung Amlrudln, S.H.,M.H 

Kepala Desa Bathln Sobanga Sondi Sidabutar,Kades Kesumbo Ampai Rudi S.Dan juga Tokoh Pemuda Duri 13 

Andika Sakai,Ketua Karang Taruna Desa Bumbung Muel Panggabean serta KepaIa Proyek PT.HK| Pekdum 5 

Ardyan Ari Wardhana 

 

Hasil kesepakatan tersebut dibacakan oleh Kolap Andika Sakai dihadapan para warga.Dan setelah itu para warga membubarkan diri kembali ke rumah masing masing dengan tertib

 

" Terima kasih kepada semua pihak terutama pihak polisi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto bersama jajaran Polsek Mandau dan Pinggir yang telah memberikan pengamanan selama aksi berlangsung.Sehingga aksi damai berlangsung aman dan kondusif.Dan apa yang kami sampaikan dapat diterima pihak perusahaan,", kata Andika Sakai sebelum membubarkan diri.

Namun sebelum  meninggalkan lapangan para warga terlebih dahulu mengutip sampah yang berserakan di lokasi aksi,( jon)