Tuesday, 08 January 2019 | 09:27:34 WIB | 513 Pembaca

Kamis, Bupati Amril Hadiri Peresmian MTsN 4 Bengkalis di Kecamatan Bathin Solapan

Pendidikan

Foto:Bupati Amril Mukminin bersama Kakan Kemenag Bengkalis H Jumari

Bathin Solapan  (Portalriau.com ) – Bupati Bengkalis Amril Mukminin, dijadwalkan menghadiri peresmian Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Bengkalis.

 

Peresmian lembaga pendidikan yang pengelolaannya dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) tersebut direncanakan dilaksanakan Kamis mendatang, 10 Januari 2019 dan acaranya dimulai pukul 08.00 WIB.

 

Selain Bupati Amril dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkalis H Jumari, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau juga bakal hadir pada peresmian sekolah yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu.

 

“Sesuai undangan dan informasi yang kami terima, selain Bupati Bengkalis dan Kakan Kemenag Bengkalis, pada peresmian MTsN 4 Bengkalis Kakanwil Kemenag Riau juga bakal hadir,” jelas Pelaksana Tugas Kadis Kominfotik, Johansyah Syafri, Senin, 7 Januari 2018.

 

Sebelum menjadi MTsN, sekolah yang beralamat di jalan Rangau Km 15 (KUD) Desa Petani Kecamatan Bathin Solapan tersebut adalah MTs Bustanul Ulum.

 

MTs Bustanul Ulum ini berubah menjadi MTsN 4 Bengkalis melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 535 Tahun 2018 tentang Pengerian 48 Madrasah.

 

Melalui KMA Nomor 535 tahun 2018 tersebut, ada penambahan 48 madrasah yang berstatus negeri. Salah satunya MTsN 4 Bengkalis.

 

Menag Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, peresmian penegerian 48 madrasah ini upaya untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam bidang keagamaan.

 

“Jadi mudah-mudahan madrasah-madrasah negeri bisa jadi role model di masyarakat, lingkungan, dan khususnya kepada madrasah swasta dengan cara mengembangkan diri," kata Menag Lukman Hakim Saifudin seperti dilansir republika.co.id, Selasa, 30 Oktober 2018.

 

Melalui KMA Nomor 535 Tahun 2018, di Provinsi Riau, selain MTs Bustanul Ulum  yang beralih status menjadi MTsN, masih ada beberapa MTs yang beralih status menjadi sekolah negeri.

 

Yaitu,  MTs An-Nur Tarbiyah Islamiyah menejadi MTsN 2 Rokan Hilir, MTs Nurul Wathon menjadi MTsN 3 Rokan Hilir dan MTs Ulil Albab menjadi MTsN 3 Kuantan Singingi.

 

Kemudian,  MTs Darul Iman Muara Lembu  menjadi MTsN 4 Kuantan Singingi, MTs Al Mukhlisin menjadi MTsN 5 Rokan Hulu, serta MTs Nurul Hidayah menjadi MTsN 3 Siak.

 

Dengan peresmian MTsN 4 Bengkalis itu, maka jumlah madrasah yang berstatus negeri di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini kini bertambah lagi.

 

Adapun 3 MTsN yang sebelumnya sudah ada di Bengkalis, diantaranya MTsN 1 Bengkalis di jalan HR Soebrantas, Wonosari Timur, Desa Wonosari, Kecamatan Bengkalis.

 

Kemudian, MTsN 2 Bengkalis di jalan Beringin Desa Selatbaru, Kecamatan Bantan dan MTsN 3 Bengkalis di jalan Jenderal Sudirman Desa Dompas Kecamatan Bukit Batu. ***