Thursday, 10 October 2019 | 13:26:17 WIB | 343 Pembaca

Ratusan Warga Desa Kesumbo Ampai Gelar Aksi Demo Damai Di Kantor Camat Bathin Solapan

peristiwa

Foto:

Portalriau.com- Bathin Solapan- Ratusan warga Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis (10/10/19) pagi sekitar pukul 09.00 WIB menggelar aksi demo damai ke kantor Camat Bathin Solapan.Kehadiran ratusan yang menggunakan mobil pribadi dan pick up serta kenderaan roda dua tersebut tak lain untuk menyampaikan sikap dan tuntutan agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades) serentak dilaksanakan tahun ini sesuai jadwal yang ada.

Sesampainya di halaman kantor Camat para peserta aksi duduk dengan teratur dengan membentangkan poster ukuran besar dan kecil

Sementara pihak Kecamatan Bathin Solapan yang duwakili oleh Sekcam H.Daswan,SH bersama jajarannya didampingi pihak keamanan dari Polsek Mandau dan TNI dari Koramil 04 Manau menyambut para peserta aksi dengan penuh sahabat dan bahkan Sekcam menyempatkan diri untuk menyalami para warga.

Koordinator aksi Reswanto menyampaikan orasi nya dihadapan Sekcam  Bathin Solapan sebagai perpanjangan tangan dari Bupati Bengkalis.

" Kami sangat heran mengapa tahapan Pilkades di Desa kami seakan terhenti.Sementara waktu pelaksanaan hanya tinggal 20 hari lagi. ", kata Reswanto dalam orasinya dengan menggunakan pengeras suara toa.

Ditambahkan bahwa masyarakat sangat heran dan curiga kenapa  pihak DPD dan panitia terkesan menunda Pilkades.

" Ada apa dibalik ini semua.Panitia ada,calon ada, pemilih ada.Kenapa BPD terkesan menunda  pelaksanaan Pilkades Kesumpai Ampai.Sementara 

Pilkades adalah hal yang  Wajib dilaksanakan untuk memilih kades yang defenitif secara demokratis ,", kata Reswanto dengan nada heran.

Dalam kesempatan itu Reswanto memaparkan adanya kejanggalan yang dilakukan oleh pantia dalam proses pendaftaran Balon Kades.Terutama terkait rekomendasi dari LAMR Kecamatan Mandau yang dinilai ada dua versi.

Sebelum menyerahkan pernyataan sikap Sekcam H Daswan,SH menyampaikan terima kasih atas kehadiran warga.Dan juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Polisi Polsek Mandau dan TNI Koramil 04 Mandau yang telah mengamankan situasi dengan baik.

"Kami dari kecamatan  Bathin Solapan menanggapi dan  menerima apa yang diusulkan tadi.Dan hari ini kami akan laporkan ke Bengkalis.Dan masyarakat diharap dapat bersabar jawaban dari pihak Kabupaten

Dan jawabannya akan segera kami sampaikan kepada masyarakat.Dan juga saya harapkan  kiranya para peserta selamat kembali ke rumah masing-masing dan beraktivitas dengan lancar ,", kata Sekcam H Daswan,SH.

Sebelum parab peserta membubarkan diri terlebih dahulu menyampaikan 4 pernyataan sikap kepada Bupati Bengkalis yang berbunyi sebagai berikut.

Kepada Yth Bapak Bupati Bengkalis di Bengkalis 

Kami masyarakat Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan dari suku Sakai,Suku Jawa , Melayu,Batak,Karo,Minang yang hadir pada saat aksi damai Pemilihan Kepala Desa Kesumbo Ampai

Dengan ini menyatakan sikap sebagai berikut: 

1.Laksanakan Pemilihan Kepala Desa Kesumbo Ampai sesuai dengan jadwal dan tahapan yang sudah Bapak putuskan yaitu pada 30 Oktober 2019.

2. Tetapkan calon sebagai calon tetap Pilkades Desa Kesumbo Ampai dengan Rekom LAMR Kecamatan Bathin Solapan yang telah dinyatakan syah oleh LAMR Bengkalis.

3 Kami yang hadir pada aksi ini siap untuk mensukseskan pemilihan kepala desa Kesumbo Ampai.

4.Kami juga yang hadir pada hari ini siap untuk mensukseskan pemilihan Bupati Bengkalis 2020 Dengan Calon Kasmarni SSos,MMP Untuk Bengkalis (1) Satu.

 

Dengan catatan Jawaban pernyataan ini kami tunggu sampai Hari Selasa (15/10/19) Dan jika tidak ada jawaban pada hari Kamis (17/10/19) Kami akan aksi lagi dengan massa lebih banyak dari yang hadir  hari ini.

Usai menyerahkan pernyataan sikap oleh Korlap kepada Sekcam Bathin Solapan H.Daswan,SH,selanjutnya membubarkan diri dengan teratur dan kembali pulang ke rumah masing-masing.

Hadir dalam aksi damai tersebut Kapolsek Mandau Kompol Arvin Haryadi,SIK didampingi  Waka AKP Ali Suhud  bersama anggota dan juga Daramil 04 Mandau Kapt Arh H Sitorus bersama anggota

( jon)