Tuesday, 27 August 2019 | 16:30:38 WIB | 295 Pembaca

Terkait Putusan DPP PAN. Dinilai Tidak Sesuai Prosedur, Rianto Ajukan Keberatan.

Politik

Foto:Rianto Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis ( johnson)

Portalriau.com -Mandau- Anggota DPRD Bengkalis, Rianto memutuskan untuk mengajukan keberatan terkait putusan DPP PAN yang menetapkan Syaiful Ardi sebagai pimpinan dewan dari PAN untuk DPRD Bengkalis. 

Hal itu dilakukan Rianto karena menilai putusan tersebut tidak memperhatikan surat edaraan DPP PAN yang menyebutkan bahwa penetapan pimpinan dewan untuk DPRD kabupaten/kota harus berdasarkan rekomendasi dari DPW PAN.

"Saya sudah ajukan keberatan atas putusan DPP PAN yang menetapkan Syaiful Ardi sebagai pimpinan dewan dari PAN untuk DPRD Bengkalis. Penunjukan ini saya nilai tidak berdasarkan surat edaran DPP PAN yang mensyaratkan adanya rekomendasi dari DPW PAN terhadap nama-nama yang akan dipilih sebagai pimpinan dewan di tingkat DPRD kabupaten/kota," Terang Rianto.

Apalagi jelas Rianto, awalnya DPW PAN Riau telah memberikan rekomendasi kepada dua nama untuk dipilih DPP PAN sebagai pimpinan dewan dari PAN untuk DPRD Bengkalis. Dua nama tersebut adalah Rianto dan Zuhandi yg sudah melalui mekanisme uji kelayakan dan kepatutan di DPW PAN Riau. 

Lebih lanjut, Rianto meminta kepada DPP PAN melalui DPW PAN agar penetapan pimpinan dewan dari PAN untuk DPRD Bengkalis tersebut ditinjau kembali.

"Malu lah kita dengan masyarakat dan partai lain kalau aturan nya sendiri dilanggar.Bukan berarti saya berambisi untuk menjadi pimpinan di DPRD.Namun hasil yang diputuskan harus sesuai dengan mekanisme yang sudah dibuat. DPW PAN Riau punya marwah juga. Kalau memang ada perubahan atas nama yang direkomendasikan, seharusnya DPP PAN mengkomunikasikan hal ini sehingga tatacara berorganisasi berjalan benar “.jelasnya sambil menggeleng kepala.

Terpisah  Ketua DPW PAN Riau melalu Sekwil  DPW PAN Riau, T. Zulmizan saat dihubungi melalui WA mengatakan bahwa secara resmi sampai saat ini pihaknya belum menerima salinan atau tembusan Surat Keputusan DPP PAN tentang Penetapan Calon Pimpinan DPRD Kabupaten Bengkalis 2019-2024. Jadi, secara institusional DPW PAN Riau belum menerima informasi ataupun instruksi resmi secara institusional pula dari DPP PAN. 

Namun, informasi yang beredar di luaran dari berbagai sumber dan juga media massa menyebutkan bahwa DPP PAN telah memutuskan nama Saudaraku Syaiful Ardi sebagai Calon Pimwan Bengkalis. 

"Jika hal ini benar, berarti nama yg ditetapkan adalah di luar dari rekomendasi DPW PAN Provinsi Riau yang telah merekomendasikan 2 nama, yaitu Rianto dan Zuhandi, S.Pi. Pertama, kami akan cek kebenarannya. Kedua, kami akan mempertanyakan dan minta penjelasan dari DPP PAN, apa dasar dan alasan menetapkan nama lain di luar rekomendasi DPW.,",tegasnya.

Karena DPW PAN Riau sendiri lanjutnya lagi dalam membuat rekomendasi setelah melakukan _fit and proper test_ berupa Pendalaman Kapasitas, Integritas dan Lolalitas terhadap semua Bakal Calon. 

"Nah, kami bukannya melawan, karena otoritas membuat keputusan memang merupakan kewenangan DPP, tapi boleh dong kami mau tahu apa alasan-alasan dan dasar DPP menetapkan Sdrku Syaiful Ardi, apalagi DPP tidak mengajak DPW PAN Riau berdiskusi lagi tentang hal ini.

Kami merasa penting dilakukan diakusi mendalam secara internal, mengingat Pimpinan DPRD adalah jabatan publik yang sangat strategis dan menyangkut banyak aspek yang harus dipertimbangkan, selain harus _capable dan acceptable_. Pimpinan DPRD adalah simbol partai, representasi lembaga keluar dan ke dalam, sekaligus merupakan juru bicara lembaga (house of speaker). Karena itu kami harapkan, figur yang ditetapkan oleh partai adalah yang paling maksimal memenuhi kriteria dari sumber daya yang tersedia. Jangan sampai tidak produktif, atau malah mempermalukan lembaga dan partai.,", pungkasnya ( jon)