Wednesday, 16 April 2014 | 00:00:00 WIB | 1045 Pembaca

5 Bulan kedepan Kemarau Panjang. Suyatno : Warga Rohil di Minta Waspada

chevron

Foto:

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil), H. Suyatno menghimbau kepada warga harus tetap waspada akan terulangnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Rohil, karna berdasarkan pantauan satelit NOAA 18 ASMC Singapura dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Riau akan terjadi kemarau panjang selama 5 bulan kedepan. Maka kepada warga Rohil untuk itu agar dapat melakukan kewaspadaa.

Riau kedepan di presdiksi melalui NOAA dan BMKG akan terjadi kemarau panjang. Hal ini mustahil tidak akan terjadi kebakaran seperti pada bulan-bulan yang lalu. Dimana pada bulan lalu kita di hadapi musibah asap selama satu bulan, maka untuk menghadapi kemarau ini kepada warga supaya melakukan kewaspadaan. Supaya jangan ada kebakaran hutan dan lahan lagi,ujar Bupati, Senin (14/4) di Bagansiapiapi.

Disebutnya, selama ini, hampir satu bulan lebih Riau di hadapi cobaan asap yang sangat berbahaya. Dengan musibah itu banyak kerugian masyarakat Riau yang di rasakan, mulai penurunan omsen dominstik, wisatawan dan pedagangan,termasuk Rohil telah merasakan banyak kerugian karna asap. Termasuk penyakit ISPA yang di rasakan oleh masyarakat.  Maka hal tersebut kepadaa masyarakat jangan sampai terulang lagi, hindari yang namanya karhutla tersebut,tegas Bupati.  

Dia Mengatakan, selama karhutla di Riau, banyak lahan Rohil yang habis terbakar. Hal itu di lakukan dengan sengaja atau tidak, namun yang jelas dampak dari karhutla itu banyak yang menjadi korban masyarakat Rohil terutama penyakit ISPA,saya mengharapkan jangan ada lagi malapetaka seperti yang sudah-sudah di Rohil, hindari pembukaan lahan dengan cara membakar. karna pembakaran ini satu orang yang melakukan namun ribuan masyarakat yang akan merasakan,cetus Bupati. 

Maka kepada dinas terkait, agar selalu memantau daerah kerjanya masing-masing dalam pencegahan karhutla. Jangan sampai terulang lagi kejadian yang sudah-sudah. Karna dengan kebakaran karhutla ini maka daerah Rohil yang akan buruk di mata daerah luar,maka saya mengajak semua lapisan komponen masyarakat agar bersama-sama menjaga daerah kita ini dengan baik, kalau bukan kita siapa lagi yang akan menajaga. Tidak mungkin daerah luar yang akan menjaga daerah kita,timpal Bupati.(anto)