Monday, 16 June 2014 | 00:00:00 WIB | 996 Pembaca

Gandeng Disdik Dumai, Chevron Taja Quantum Teaching

chevron

Foto:

PEKANBARU-Melanjutkan Sosialisasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan Maret lalu, SKK Migas–PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Dumai hari ini menyelenggarakan Quantum Learning di Hotel Grand Zuri, Dumai. 

Acara dihadiri oleh Sekda Kota Dumai, Said Mustafa, Ketua LAM Riau Kota Dumai, H. Darwis Ismail, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Dumai, Yusmanida, GM - Dumai Operations Hasyim M. Nur, jajaran manajemen Chevron, dan 50 guru SD Kecamatan Dumai Selatan. 

Quantum Teaching adalah pelatihan bagi guru agar mampu menerapkan motede pengajaran yang menyenangkan bagi para murid. Jika sebelumnya, diharapkan menjadi lebih siap untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013, maka dalam Quantum Teaching ini para guru diharapkan mampu memahami kondisi psikologis murid pada saat menerima pelajaran.

Saya berharap agar Quantum Teaching mampu memotivasi guru menjadi semakin handal, tangguh, dan berdedikasi dalam mencapai visi dan misi pendidikan Kota Dumai, kata Sekretaris Kota Dumai, Said Mustafa, mewakili Walikota Dumai.

Dalam acara dipandu oleh psikolog sekaligus pakar Quantum Learning, Rumondang J.K Napitu, ini, para peserta diberikan pemahaman tentang pentingnya pendekatan psikologi dalam proses belajar dan mengajar. 


Inti dari pengajaran melalui Quantum Learning ini adalah menghasilkan energi positif bagi para siswa. Interaksi antara guru dengan siswa diarahkan untuk menghasilkan cahaya bagi anak-anak. Landasan berupa Teori Kuantum fisika ini akan lebih mudah dipahami melalui pendekatan psikologi, jelas Rumondang.

Sebelumnya, pada 24 – 26 Maret 201, SKKMigas–Chevron bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Dumai menyelenggarakan sosialisasi Kurikulum 2013 kepada 200 guru SD, 150 guru SMP, dan 150 guru SMA di kota Dumai. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengutamakan pemahaman, keahlian, dan pendidikan berkarakter. Siswa dituntut untuk memahami materi pelajaran, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. (rtc/red)