Tuesday, 07 January 2014 | 00:00:00 WIB | 565 Pembaca

Pj Gubri Terima Penghargaan Ketenagakerjaan dan Menakertrans

Portalriau.comi-JAKARTA-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memberikan penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan kepada beberapa provinsi. Riau termasuk yang menerima penghargaan untuk indikator Lingkungan Kerja dan Jamsostek. Penjabat Gubernur Riau Prof Dr H Djohermansyah Djohan MA menerima langsung dua kategori penghargaan tersebut dari Menakertrans Muhaimin Iskandar, di halaman Kemenakertrans, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (5/12).

Sementara untuk penghargaan IPK terbaik tahun 2013, Kemenakertrans menetapkan DKI Jakarta (terbaik pertama), Kepri (terbaik kedua) dan Provinsi Kalteng (terbaik ketiga). "Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan dapat meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah dalam perencanaan tenaga kerja daerah guna mendukung keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia," ujar Menakertrans Muhaimin Iskandar kepada pers usai acara.

Sementara Gubernur DKI Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi malah enggan mengomentari terkait penghargaan yang diperolehnya. Ia malah meminta ditanyakan saja kepada panitia. Namun, Jokowi menjelaskan bahwa dirinya memiliki cara untuk mempertahankan penghargaan tersebut, yakni dengan memberikan pelatihan kepada tenaga kerja dan mendorong usaha mikro, kecil dan menengah serta koperasi. "Saya kira juga tanpa kualitas dan kualifikasi, tenaga kerja kita tidak akan bisa baik," ujarnya.
Nampak hadir mendampingi Gubri, Kadisnaker Provinsi Riau Nazaruddin dan Kepala Kantor Cabang Riau II Mias Muchtar.***(rls/rtc)