Wednesday, 18 June 2014 | 00:00:00 WIB | 1083 Pembaca

SKK Migas Minta Dukungan Peningkatan Produksi Minyak di Riau

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau terima kunjungan kerja Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas. Pada pertemuan itu, SKK Migas minta dukungan kepada Pemprov Riau terkait peningkatan produksi minyak di Riau.

Demikian dikatakan Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Riau Syahrial Abdi, Rabu (18/6/14). Diharapkan dari pertemuan itu, target 1 juta barel yang kini sudah diturunkan menjadi 860 ribu barel perhari dapat tercapai.

Cuma melakukan kunjungan kerja, sekaligus konsultasi dengan kita. Intinya SKK Migas itukan melakukan pengawasan Kontraktor Kerja Sama (KKS) yang ada di Riau. SKK Migas kita ini Sumbagut, meminta dukungan kepada Pemprov Riau bagaimana meningkatkan Migas, terang Syahrial.

Dijelaskan, terjadinya penurunan Migas itu dikarenakan ada beberapa faktor. Diantaranya karena banyaknya sumur yang sudah tua, termasuk di Riau sendiri. Namun dengan tekhnologi saat ini produksi tetap bisa dinaikan.

Pemprov Riau yang memiliki BUMD langsung terlibat dalam usaha pengeboran minyak dalam bentuk kerja sama dinilai perlu melakukanya, seperti PT Sarana Pembangunan Rakyat (SPR) dan PT Bumi Siak Pusako (BSP).

Kesempatan ini pula dimanfaatkan Pemprov Riau untuk melakukan konsultasi terkait persoalan pengeboran minyak yang sedang dihadapi. Termasuk diantaranya mengenai Blok Siak yang sebentar lagi akan dilakukan peninjauan ke lapangan antara Pertamina dan BUMD Riau Petroleum (RP).

Selain itu, ada juga membicarakan kontrak pengeboran minyak yang akan berakhir. Seperti Blok Rokan.

Seklian kita titipkan, seiring ada kontrak yang akan berakhir. Pertemuan itu juga menyinggung Blok Siak, Blok Rokan, Blok Langgak juga, ujar Syahrial. (rtc/red)