Saturday, 26 January 2019 | 00:41:09 WIB | 115 Pembaca

Wabup Buka Latihan Gabungan Pramuka Penegak dan Pandega Se-Sergai Tahun 2019

Sosial Dan Budaya

Foto:

Portalriau.com - SERGAI - Tempat Lapangan Erry-Soekirman Kecamatan Dolok Masihul, Sabtu (26/1).Wabup Sergai H Darma Wijaya, Wakapolres Sergai Kompol Henri Sibarani, Ka Kwarcab Drs Joni Walker Manik MM selaku beserta seluruh unsur pengurus, Camat Dolok Masihul M.Syarif Sitopu beserta unsur Muspika, Ka Mabigus se-Sergai serta para penegak dan pandega. Laporan Ka Kwarcab Pramuka Sergai Drs Joni Walker Manik MM : Kegiatan Latihan Gabungan Pramuka yang diikuti oleh 250 orang Penegak dan Pandega se-Sergai yang dilaksanakan mulai Sabtu sampai dengan Minggu (26-27 Januari) ini bertujuan antara lain untuk membina kebersamaan dan kekompakan antar anggota Pramuka, menanamkan disiplin dan sikap mental yang baik, menjadi kegiatan positif bagi peserta didik, memberikan kesempatan Pramuka untuk belajar kemandirian serta berinteraksi dengan masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan memberikan pengalaman dan petualangan yang menarik dialami terbuka, serta menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sambutan Wabup H Darma Wijaya saat membuka kegiatan :
Apresiasi dan kebanggaan disampaikan atas nama Bupati selaku Ka Mabicab kepada Pramuka Sergai yang telah turut berkarya dalam pembentukan generasi muda yang cinta tanah air, yang berdharma bakti bagi kejayaan bangsa dan negara.Pramuka dimasa sekarang harus merevitalisasi diri agar terus dapat membentuk manusia-manusia Pancasila yang tangguh, tahan banting, berakhlak mulia, dan penuh inovasi, karena tantangan yang dihadapi generasi muda sekarang sangat berbeda dengan apa yang kami hadapi dimasa lalu.Untuk itu ditekankan kepada adik-adik Pramuka bahwa dibalik latihan baris-berbaris, mendirikan tenda, membuat simpul tali, dan keterampilan lainnya terdapat nilai-nilai unggul kedisplinan, ketekunan dan akhlak mulia yang dibutuhkan oleh para generasi muda untuk memenangkan persaingan global dimasa kini dan dimasa depan guna menjadi bangsa pemenang dan bangsa yang jaya.

 

Pada kesempatan ini kami meminta para Pramuka untuk membantu memerangi peredaran narkotika yang semakin mengkhawatirkan. Agar bagaimana para Pramuka membantu aparat keamanan untuk menghentikan fenomena penyalahgunaan narkotika tersebut. Kita semua merasa salah, sebab saat ini kita tidak peka dan masa bodoh atas hal negatif yang berkembang di lingkungan sekitar. Jika ada potensi dan hal yang mencurigakan silahkan membantu dengan melaporkan kepada pihak terkait mulai dari kepala dusun, kepala desa, kepolisian serta aparat lainnya.

 

Mengakhiri sambutannya Wabup berpesan kepada para Pramuka peserta latihan gabungan ada empat point yaitu pertama : untuk selalu ingat akan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika serta merawat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Yang kedua, agar terus menjadi generasi yang harus akan prestasi dan karya dibidang apapun karena prestasi yang diraih adalah kebanggaan kita semua. Selanjutnya yang ketiga, jika tiba saatnya generasi kalian untuk pemimpin bangsa ini, kami titipkan masa depan Indonesia agar dibawa ke masa kejayaan yang telah lama kita nantikan. Selanjutnya yang keempat, Sergai sebagai kawasan Pramuka telah memiliki "Kawah Candradimuka" sebagai tempat melatih dan menciptakan Pramuka yang yang tangguh, unggul dan berbudi luhur.

 

Latihan Gabungan Pramuka Penegak dan Pandega se-Sergai Tahun 2019 diisi dengan beberapa kegiatan keterampilan Pramuka antara lain upacara bendera, ibadah keagamaan, baris berbaris, dinamika kelompok, cipta yel-yel, api unggun, motivator, nonton bareng, senam pagi serta games outdoor. (DPR/ks)