Friday, 14 September 2018 | 16:20:46 WIB | 188 Pembaca

Kunker TP PKK Pesawaran Lampung dan Dewan Kerajinan Nasional

Sumatra Utara

Foto:

 

Portalriau.com
Tempat Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah,jumat, 14, september 2018.

Yang menghadiri :
1. Bupati Sergai Ir. H. Soekirman
2. Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin,
3. Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman,
4. Ketua TP PKK Pesawaran Ny. Nanda Indira Dendi, SE beserta rombongan,
5. Ketua Dekranasda Labuhan Batu Ny. Hj. Rosmanidar Hasibuan beserta rombongan,
6. Ketua DPC GOPTKI Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya,
7. Ketua DWP Ny. drg. Khairani Hadi Winarno,
8. Kadis P2KBP3A Hj. Irwani Jamilah, SH, M.Si,
9. Kadis Perindag Nina Deliana, S.Sos, M.Si,
10. Kadis Kominfo diwakili Sekretaris Dra. Hj. Syahriati Lubis,
11. Kadis Kanla Sri Wahyuni Pancasilawati, SP, M.Si,
12. Ketua TP PKK Kecamatan se-Sergai serta pengurus Dekranasda.

Sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman :

1. Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) saat ini menjadi pilihan banyak daerah untuk dikunjungi. Saya merasa bangga karena seribu teman masih terasa sedikit. Untuk itu diharapkan kunjungan ini semakin memperbanyak teman baik dari daerah maupun luar daerah. Mudah-mudahan kunjungan ini nantinya akan memperpanjang silaturahmi serta saling menguntungkan ketiga belah pihak.

2. Didalam urusan wajib pemerintah yang menjadi ukuran keberhasilan pemimpinnya, termasuk urusan pemberdayaan perempuan, lingkungan dan anak menjadi satu diantara 10 urusan wajib pemerintah tersebut. oleh karenanya dengan aktifnya PKK dan Dekranasda menjadi tantangan baru pada era revolusi industri 4.0 yang lebih mengarah kepada ekonomi kreatif era digital. 

3. Sedangkan tantangannya lanjut Bupati, agar bagaimana kita dapat menciptakan ide dan inovasi yang kreatif dengan tidak merusak alam, lingkungan serta merugikan pihak lain namun menghasilkan keuntungan yang besar.

4. Dengan perkembangan teknologi saat ini, rasanya kita tidak perlu gedung yang besar, atau pabrik yang besar, namun yang utama adalah fikiran kita yang besar. Kita tentu mengetahui saat ini kita hanya tinggal memencet tombol pada aplikasi di ponsel kita untuk memesan alat transportasi,
makanan, membersihkan rumah, serta kebutuhan lainnya. Dengan segala kemudahan karena perubahan zaman, tentu kita harus dapat mengikutinya agar tidak terlindas dan tertinggal. Pada poin ini ekonomi kreatif akan dapat mengikuti perkembangan era revolusi industri 4.0 tersebut adalah bagaimana kita memanfaatkan teknologi untuk pengolahan hingga pemasaran produk.

5. Perkembangan zaman yang terjadi saat ini kita tidak dapat memungkirinya, perubahan ini tidak bisa tidak. Dengan 10 Program Pokok PKK hendaknya dapat mengikuti perkembangan teknologi saat ini dengan tidak melupakan kearifan lokal daerah kita. Oleh karenanya, pada kesempatan ini kami mengajak untuk membantu pemerintah mensejahterakan rakyat melalui peningkatan ekonomi kreatif dari TP PKK dan Dekranasda.

6. Selain itu peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi hal yang tak dapat dianggap enteng. Di daerah yang memiliki IPM rendah, biasanya rata-rata tingkat pendidikannya rendah sehingga perekonomian daerah lambat untuk maju. Sebaliknya, daerah yang memiliki IPM tinggi acapkali mengalami kemajuan dan memiliki banyak sarjana yang unggul sehingga dapat membantu mengembangkan daerah.

7. Penduduk Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang terdiri dari 52%  perempuan, maka pemberdayaan perempuan menjadi fokus utama pemerintah daerah. Saat ini yang utama adalah bagaimana kita membentengi keluarga dari peredaran narkoba yang semakin mengkhawatirkan, sebab telah banyak kasus kriminal yang terjadi karena narkoba tersebut.

8. Untuk keunggulan Sergai saat ini salah satunya adalah pengekspor bibit kelapa sawit terbaik hingga keluar benua seperti Australia, Eropa hingga Afrika. Selain itu ada ekspor ikan fillet yang menembus pasar Eropa selain inovasi alat pertanian yang telah banyak meraih penghargaan. "Untuk itu mari kita rubah pola fikir dan menambah pengetahuan guna menyiapkan diri menghadapi revolusi industri 4.0 ini. Pengelolaan boleh dengan cara tradisional, namun pemasaran lakukan dengan teknologi.(ks)