Wednesday, 18 July 2018 | 21:16:04 WIB | 133 Pembaca

Lomba Cipta Menu Beragam,  Bergizi,  Seimbang dan Aman (B2SA)

Sumatra Utara

Foto:

 

Sergai,portalriau.com
Lokasi  Halaman Dinas Ketahanan Pangan Komplek Perumahan Bumi Sergai Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah
Selasa 17 Juli 2018 Yang menghadiri.

Ketua TP PKK Sergai Ny Hj
Marliah Soekirman,Ketua GOPTKI Sergai Ny Hj Rosmaida Darma WijayaKetua DWP Sergai Ny Hj Khairani Hadi Winarno,Asisten Ekbangsos Ir H Kaharuddin,Staf Ahli Bupati H. Nasrul Azis Siregar , Kadis Ketapang Sergai Aliudin,  SP, MP,Sekretaris Dinas Kominfo Sergai Hj Syahriati Lubis,para Kepala OPD.Sambutan Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman.

Sesuai dengan Undang Udang no. 18 tahun 2012 tentang pangan erupakan hal yang penting dan strategis dalam keberlangsungan hidup manusia sehingga penyelenggaranya di jamin oleh Negara.

Konsumsi pangan berkualitas,  dapat di wujudkan apabila makanan yang di konsumsi sehari hari mengandung zat gizi lengka,  sesuai kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antar klimpok panfan berdasarkan cita rasa,  daya cerna serta daya terima dan daya beli masyarakat.

Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan yang beragam,  bergizi seimbang dan aman,  Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai sejak awal telah ensosialisasikan kepada masyarakat dengan slogan "Konsumsilah Pangan Yang Beragam,  Bergizi,  Berimbang dan Aman.

Konsumsilah sumber karbonhidrat lain yang dahulu biasa dikonsumsi semakin tergeser sejala debgan perubahan pola hidup masyarakat,  disamping itu,  konsumsi pangan sayur dan buah,  umbi umbian,  pangan hewani serta kacang kacangan masih sangat rendah,  untuk itu perlu di lakukannya upaya untuk mengubah pola konsumsi pangan yang beragam,  bergizi,  seimbang dan aman.

Kesetabilan pangan bukanlah hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja namun merupakan tanggung jawab masyarakat bersama untuk selalu bisa menyajikan menu yang beragam yang di sajikan dalam menu sehari hari di keluarga.

Kami berharap melalui kegiatan lomba cipta menu ini dapat mendorong dan meningkatkan masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih,  menentukan,  menyusun,  dan menciptakan menu beragam,  bergizi,  seimbang,  dan aman berbasis sumber daya lokal.

Sambutan Kepala Dinas Ketahanan pangan Sergai Aliuddin,  SP, MP :Menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan beragam,  bergizi,  seimbang dan aman.

Mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalammengembangkan atau menciptakan menu beragam,  bergizi,  seimbang dan aman berbasis sumberdaya  lokal. Meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip beragam,  bergizi,  seimbang dan aman.

Sementara Peserta diikuti dari 17 Kecamatan Se Serdang Bedagai. 
Diakhir acara di umumkan pemenang lomba.  pemenang pertama diraih oleh Kecamatan Tebing Syahbandar dan pemenang kedua diraih oleh Kecamatan Silinda serta pemenang Ketiga diraih oleh Kecamatan Pantai Cermin.(ks)