Thursday, 28 June 2018 | 19:30:11 WIB | 150 Pembaca

Panja USO dan PNBP Komisi 1 DPR-RI Kunker ke Sergai

Sumatra Utara

Foto:

 


Portalriau.com
Tempat Puskesmas Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (28/6)Turut hadir Wakil Ketua komisi 1 DPR RI Asril Hamzah Tanjung, S.I.P berserta Tim, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si, Wabup Darma Wijaya, Direktur Ekosistem BAKTI Kementrian Kominfo RI Danny Januar Ismawan, GM Sales PT Infokom Elektrindo Tri Bimo Siswono Putro, Kadis Kominfo H. Ikhsan AP, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, Camat Tanung Beringin Drs. Zulfikar, Kapus Tanjung Beringin dr. Rina Manurung, serta unsur terkait lainnya.


Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melakukan kunjungan kerja ke lokasi akses internet Universal Services Obligation (USO) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bertempat di Puskesmas Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang berdagai, Sumatera Utara.


Sambutan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman Apresiasi dan kehormatan atas hadirnya rombongan Tim Panja USO dan PNBP Komisi 1 DPR RI selang sehari setelah gelaran Pilkada serentak yang sukses dilaksanakan di Sergai.
Disampaikan Bupati tentang sejarah dan asal usul Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat beserta potensinya,Sergai memiliki sebuah pulau strategis yang menjadi batas terdepan dengan negara tetangga dan kecamatan Tanjung Beringin ini salah satunya,Ucapan terima kasih atas hadirnya negara ditengah masyarakat dengan tersedianya pelayanan kesehatan yang unggul di beberapa daerah dan semakin diperluas lagi jangkauannya hingga ke perbatasan, dan hal inilah yang menjadikan pertemuan ini terjadi.
Pada kesempatan ini saya menyampaikan permohonan agar diperhatikan akses internet dan komunikasi khusus Pulau Berhala sebagai pulau terluar, juga beberapa beberapa daerah pegunungan seperti Kecamatan Silinda, Sipispis, dan Kotarih.


Hal yang langsung direspon oleh Tim Panja dengan pernyataan akan direalisasikan dalam waktu sesegera mungkin maksimal 1 bulan kedepan,Sambutan Ketua Tim Panja USO dan PNBP yang Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Asril Hamzah Tanjung, S.I.P :Ucapan terimakasih, rasa senang dan bahagia atas penyambutan dari Bupati, Wabup beserta seluruh masyarakat Sergai atas kunjungan Tim Panja USO dan PNBP Komisi 1 DPR RI beserta rombongan hari ini,Kunjungan ini adalah untuk melihat sejauh mana akses internet sampai ke daerah khususnya daerah perbatasan agar akses internet dapat merata di seluruh Nusantara.


Selain itu, kunjungan kerja ini merupakan kunjungan kerja rutin yang dilakukan pihak DPR RI dalam melihat hasil kinerja program yang dilakukan KEMKOMINFO melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Infomatika (BAKTI) yang saat ini sedang menjalankan program USO bekerjasama dengan PT Infokom Elektrindo sebagai penyedia jasa telekomunikasi dengan membangun akses internet di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar).Karena perbatasan adalah halaman depan rumah kita yang harus ditata cantik, rapi dan indah, jangan sampai jadi halaman belakang yang kotor dan tidak terawat", harap Asril Hamzah.
Sinergitas dari seluruh unsur sedang dibangun sehingga akan menjadikan Indonesia terjangkau akses internet dan frekuensi dari Sabang sampai Merauke.


Setelah meninjau fasilitas Puskesmas Tanjung Beringin, kami sampaikan apresiasi dan pujian atas pelayanan dan fasilitas Puskesmas, termasuk akses internet yang diharapkan semakin baik nanti kedepannya.
Terkait permintaan Bupati Soekirman untuk akses internet dan telekomunikasi pada daerah prioritas yaitu Pulau Berhala, Kecamatan Silinda, Sipispis dan Kotarih, Tim Panja langsung merespon dengan pernyataan akan direalisasikan dalam waktu sesegera mungkin maksimal 1 bulan kedepan, tegas Ketua Tim Panja tersebut.


Sambutan Direktur Ekosistem BAKTI Kementrian Kominfo RI Danny Januar Ismawan Penyediaan Akses Internet oleh Kementerian Kominfo melalui BAKTI di lokasi usulan-usulan Pemda/K/L merupakan salah satu program USO (Universal Service Obligation/Kewajiban Pelayanan Universal) di bidang telekomunikasi dan informatika yang dibangun dengan menggunakan dana USO yang dikelola oleh BAKTI,Akses Internet USO yang disediakan oleh BAKTI merupakan usulan dari pemerintah daerah dan lainnya dan diimplementasikan melalui kerjasama antara BAKTI, pemerintah daerah, perusahaan penyediaan jasa akses internet. Mekanisme kerjasama yang digunakan adalah mekanisme sewa layanan, di mana BAKTI membiayai sewa layanan akses internet, pemerintah daerah/kementerian/lembaga memberikan usulan lokasi serta komitmen dalam implementasi, dan penyedia jasa menyediakan bandwidth sesuai pengadaan.


Pada sesi tanya jawab, Kadis Kominfo Sergai H. Ikhsan AP menyampaikan konfirmasi terkait program Kementerian Kominfo dikarenakan keterbatasan dana dari daerah. Satu sisi kehadiran negara termasuk penyediaan layanan internet untuk masyarakat melalui program Kementerian Kominfo ini tidak bisa dikesampingkan,Dinas Kominfo Sergai sendiri sampai saat ini telah meng-kover 17 Kecamatan dan 20 Puskesmas, memang belum semua dapat diakomodir karena keterbatasan anggaran, namun kami terus berupaya untuk dapat memenuhinya", jelas Ikhsan.
Untuk Program BAKTI ini sendiri kami sangat mengapresiasi dan mendukung, dan diharapkan dapat membantu menangani penyediaan akses internet sampai ke desa-desa,Diharapkan juga sinergitas antara Kementrian Kominfo,
Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah agar dapat berkoordinasi yang lebih baik agar dapat meratanya akses internet sampai ke pelosok daerah, pungkas Kadis Kominfo.


Acara diisi dengan peninjauan infrastruktur internet dan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Tanjung Beringin serta penyerahan CSR dari PT Infokom Elektrindo kepada Puskesmas Tanjung Beringin.(ks)