Thursday, 15 May 2014 | 00:00:00 WIB | 612 Pembaca

PEMERINTAHAN PINGGIR TAJA SOSIALISASI KARHUTLA

Sumatra Utara

Foto:

PINGGIR-Pasca terjadinya becana kebakaran hutan dan lahan beberapa waktu lalu yang terjadi di sejumlah titik yang tersebar di Provinsi Riau, membuat pemerintahan Provinsi Riau gencar melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang bahaya serta kerugian akibat dari terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan tersebut kepada seluruh masyarakat se-Riau. Dan bukan itu saja, pemerintahan Riau juga membentuk susunan Masyarakat Peduli Api (MPA) di setiap Desa/Kelurahan.
 
Seperti kegiatan sosialisasi karhutla kepada para MPA di Kecamatan Pinggir, Rabu (14/05), yang digelar di gedung aula Kantor Camat Pinggir. Tampak hadir di kegiatan sosialisasi Danramil Mandau-Pinggir, Kapten Zaenuri, Kapolsek Pinggir, Kompol Hendrik S,SH, jajaran pemerintahan Kecamatan Pinggir, para perwakilan dari perusahan-perusahan perkebunan dan tanaman industri se-Kecamatan Pinggir, serta seluruh anggota Masyarakat Peduli Api dari tiap-tiap Desa /Kelurahan se-Kecamatana Pinggir.
 
Dalam kegiatan sosialisasi tersebut Danramil Mandau-Pinggir menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir, kedepannya kita-TNI, Polri, serta MPA, haruslah saling bahu-menbahu, saling berkoordinasi, mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Menurut BMKG pada bulan Mei-September ini merupakan puncaknya kemarau, dari pada itu semua pihak haruslah waspada, laporkan cepat kepada pihak-pihak terkait apabila menemukan titik api. Jangan takut untuk melaporkannya, dan semoga kedepannya tidak terjadi kembali kebakaran hutan dan lahan di wilayah kita ini khususnya, tegas Danramil Mandau-Pinggir.
 
Sementara arahan Kapolsek Pinggir, Kompol Hendrik S,SH, menyatakan, sesuai dengan arahan Gubernur Riau segera membentuk MPA di tiap-tiap Desa/kelurahan, yaitu adalah untuk mengantisipasi terjadinya kembali bencana kebakaran hutan dan lahan. Khususnya untuk Desa yang hutan dan lahannya termasuk lahan gambut, seperti di daerah Desa-Desa dalam, Tasik Serai, Melibur, Beringin dan banyak lagi. Semoga semua pihak dapat bersama-sama mengantisipasi terjadinya atau timbulnya titik api kembali. Ada terjadi kebakaran cepat laporkan dan berkoordinasi kepada pihak terkait, jelas Kapolsek Pinggir.                   -efn-