Tuesday, 19 March 2013 | 00:00:00 WIB | 2109 Pembaca

Pemprov Riau Mengusulkan 700an Kuota Calon PNS

Foto:

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mengusulkan 700-an kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013, ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Zaini Ismail, kepada Wartawan, Senin (18/3), membenarkan jika pihaknya akan mengajukan penerimaan CPNS Riau tersebut.

"Kemarin itu, awalnya kita ingin mengajukan sebanyak 352 orang. Namun karena banyaknya permintaan dari SKPD, maka kita akan usulkan sekitar 700-an kuota CPNS untuk tahun 2013 ini ke pusat,"sebut Zaini di Kantor Gubernur Riau.

Ketika ditanyakan kapan akan diajukannya usulan kuota CPNS itu ke Kemenpan?Zaini mengaku, dalam waktu dekat ini akan disampaikan. Sejauh ini, pihaknya masih memantapkan usulan itu sesuai dengan analisis jabatan (Anjab) yang ada di SKPD.

"Mudah-mudahan dua minggu ini, akan kita usulkan. Sekarang ini, kita masih mematangkan usulan CPNS itu. Tetapi, yang jelas Maret ini sudah kita ajukan. Karena April sudah tidak bisa lagi,"jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Zaini juga memaparkan, dari ratusan kuota penerimaan CPNS di lingkungan Pemprov Riau itu, yang paling banyak tenaga akan direkrut itu adalah, bidang pendidikan dan kesehatan.

Kendati diusulkan sekitar 700-an, tetapi menurut Zaini bukan berarti jumlah itu yang akan disetujui Kemenpan."Jumlah itu bisa saja berkurang. Kemenpan tentu akan melihat dulu, Anjab yang kita usulkan itu, memang tepat atau tidak,"ulasnya.

Seperti diketahui, Kemenpan-RB mengeluarkan kebijakan untuk merekrut 60 ribu tenaga CPNS baru di tingkat pemerintah pusat dan pemerintah daerah (Pemda) di tahun ini. Rincian kuota CPNS yang akan diterima itu yakni, 40 ribu untuk di seluruh Pemda di Indonesia dan 20 ribu untuk di tingkat pusat. (exza)