Sunday, 11 May 2014 | 00:00:00 WIB | 511 Pembaca

Sikapi Perubahan Cuaca. Warga Dihimbau Tingkatkan Kewaspadaan

BAGANSIAPIAPI - Seluruh elemen masyarakat Rokan Hilir (Rohil) diharapkan agar dapat selalu waspada terhadap wabah penyakit yang akan mennyerang tubuh. Pasalnya, perubahan cuaca seperti saat ini dari panas ke hujan, mudah mendatangkan atau menyebarkan berbagai macam penyakit salah satunya DBD.

Hal ini di tegaskan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Rohil, dr HM Junaidi Saleh, Jumat (9/5) di Bagansiapiapi. Menurutnya, Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini, hendaknya masyarakat selalu dapat berlaku hidup bersih. Sehingga dengan prilaku hidup bersih akan dapat mengantisipasi serangan penyakit yang akan datang.

Kita minta masyarakat dapat menjaga lingkungan tempat tinggalnya agar selalu bersih. dengan senantiasa mengalakkan kegiatan 3 M, Menguras, Menutup dan Mengubur. Ya, kalau ada selokan-selokan yang tersumbat hendaknya dibersihkan. Jangan biarkan selokan yang tersumbat karena bisa mengundang datangnya sumber penyakit, apa lagi musim cuaca saat ini tidak menentu. Maka hendaknya selalu waspada,ujar Junaidi.

Dia mengatakan, jika ingin mengkomsumsi sesuatu terlebih dahulu memperhatikan kebersihana. Dengan cara tersebut juga dapat menghindari datangnya sumber penyakit. Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada masyarakat agar dapat sama-sama menjaga kondisi lingkungan agar selalu bersih,Untuk menjaga lingkungan tetab bersih, diminta kepada aparat pemerintah Desa seperti Datuk Penghulu, RT dan RW hendaknya dapat turun tangan dalam hal ini,Tegas Junaidi.

Melihat kondisi cuaca ini, Tambahnya. peran aktif aparat Desa sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat. Salah satu peran aparat Desa dapat. memantau warganya yang terkena penyakit seperti DBD atau penyakit sejenisnya. Jika memang ada ditemukan masyarakat yang terkena wabah DBD atau semacamnya, agar dapat secepatnya periksa di Puskesmas terdekat.

Langkah seperti itu dapat mencegah berkembangnya penyakit tersebut. Kalau tidak bisa ditangani di Puskesmas hendaknya langsung dirujuk ke RSUD Dr HM Pratomo Bagansiapiapi, sehingga tidak ada masyarakat yang susah untuk berobat,kata Junaidi.(anto).