Bupati Bengkalis Resmi Ditutup, Inilah Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis

Bupati Bengkalis Resmi Ditutup, Inilah Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis

BATHIN SOLAPAN, portalriau.com-. | Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-46 tingkat Kabupaten Bengkalis yang digelar selama sembilan hari resmi ditutup. Kecamatan Bengkalis

menjadi juara umum, disusul Kecamatan Bantan dan Kecamatan Bukit Batu.

Dengan hasil keputusan Dewan Hakim, kafilah Kecamatan Bengkalis berhasil meraih juara umum dengan nilai 94. Kemudian disusul juara umum kedua yaitu Kecamatan Bantan dengan nilai 68. sedangkan juara umum ketiga diraih Kecamatan Bukit Batu dengan nilai 36.

Adapun pemberian gelar juara umum diserahkan oleh Bupati Bengkalis melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis.Andris Wasono sekaligus menutup secara resmi MTQ Kabupaten Bengkalis ke-46 di Kecamatan Bathin Solapan Selasa malam (23/11/2021)

Dalam sambutan tertulisnya Bupati Bengkalis yang di bacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis.Andris Wasono, Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang tinggi, kepada semua pihak yang telah berkonstribusi dalam menyukseskan penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis ini.

Terkhusus kepada Camat dan seluruh elemen masyarakat Kecamatan Bathin Solapan yang telah mendukung penuh dan ikut berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Bengkalis ini, Sehingga dapat terlaksana dengan sukses dan sesuai rencana, walaupun MTQ yang kita selenggarakan dimasa pandemi covid-19."ujar Bupati.

Kami berharap,semoga suasana yang kondusif, damai, religius serta persaingan positif antar kafilah selama penyelenggaraan MTQ ini, tetap selalu terpelihara dan terus meningkat pada penyelenggaraan MTQ di tahun yang akan datang. mengingat kegiatan yang religius ini merupakan momentum yang tepat untuk kita memperkokoh persaudaraan dan pengamalan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan masyarakat.

Kegiatan MTQ yang lekat dengan syiar agama ini tentunya akan terlihat hampa, jika tidak memberi bekas dan pengaruh terhadap perilaku dan kehidupan masyarakat muslim secara keseluruhan. apa lagi bagi peserta dan kafilah MTQ ke-46 Tingkat Kabupaten Bengkalis. untuk itu pasca MTQ

ini, sangat diperlukan perhatian dan keterlibatan sungguh-sungguh, serta tanggung jawab seluruh komponen umat islam, ormas, peserta dan kafilah, maupun seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Bengkalis. untuk bersinergi membangun komitmen serta kerja keras dan kerja ikhlas kita semua, agar penyelenggaraan MTQ ini dapat memberikan manfaat, dan pengaruh positif bagi pembinaan kehidupan keagamaan masyarakat."ucap Bupati.

Kami juga berharap, kepada camat bersama LPTQ Kecamatan, harus ada upaya secara terencana pembibitan qori’ dan qoriah, hafidz-hafidzdah, mufassir-mufassiroh, maupun cabang musabaqah lainnya dengan mengembangkan potensi dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh masing masing Kecamatan.

Dan kepada LPTQ Kabupaten Bengkalis, kami juga minta agar secara berkelanjutan lakukan pendampingan dan pembinaan kepada LPTQ Kecamatan, agar Program kita membumikan Al Quran serta menegakkan syiar islam, untuk memperkokoh nilai-nilai alqur’an dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dapat tercapai. terus tanamkan komitmen LPTQ, untuk senantiasa mengamalkan dan melaksanakan MTQ yang bersih, jujur, berakhlaq, berkualitas dan berprestasi.

Kepada para qari’-qari'ah, hafizh-hafizhah, mufassir-mufassirah, khottot - khottotoh, yang telah meraih peringkat juara dalam pelaksanaan MTQ ke-46 ini, kami ucapkan selamat dan tahniah atas prestasi yang telah diraih. namun kami tetap berpesan, agar jangan berbangga diri dulu, karena prestasi yang telah saudar-saudari raih memiliki konsekuensi dalam rangka mepersiapkan diri untuk tetap terus berlatih, Sehingga pada gilirannya bisa membawa harum nama kabupaten bengkalis pada pelaksanaan MTQ tingkat provinsi riau dan nasional.

Selanjutnya, kepada yang belum berprestasi pada penyelenggaraan MTQ kali ini, jangan berkecil hati, teruslah berlatih dan memacu diri untuk bisa berprestasi pada pelaksanaan MTQ ditahun yang akan datang.Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada bapak / ibu dewan dan majlis hakim yang telah melaksanakan tugasnya siang dan malam untuk melakukan penilaian bacaan Al Qur’an putra-putri terbaik Kabupaten Bengkalis, muda-mudahan apa yang telah bapak / ibu kerjakan, menjadi amal saleh yang bernilai ibadah."tutup Bupati Bengkalis dibacakan Andris Wasono.

Dalam sambutan Camat Bathin Solapan Aulia Army Effendy mengungkapkan rasa syukur, kebahagiaan, kebanggaan serta apresiasinya atas kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan MTQ. Ini yang merupakan salah satu upaya membangun generasi Qurani di Kecamatan Bathin Solapan.

Pelaksanaan musabaqah Tilawatil Quran merupakan wahana pengembangan tilawah serta pendalaman hafalan Al-Quran agar upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai disini.

“Acara ini akan menjadi sia-sia dan percuma jika tidak memberikan pengaruh yang positif. Untuk itu diperlukan keterlibatan dan tanggung jawab seluruh komponen agar penyelenggaraan MTQ memberi pengaruh positif. Dan dapat dirasakan nyata dan terukur dalam kehidupan bangsa ke depan,”tegasnya.

ia juga mengucapkan selamat kepada para Qori Dan Qoriah yang meraih juara. Dirinya berharap agar dapat mempertahankan prestasi yang diraih dan bagi yang belum juara agar tidak berkecil hati.

“Saya ucapkan selamat dan semoga prestasi ini dipertahankan. Teruslah berlatih dan mempersiapkan diri untuk mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis, Dan bagi anggota yang belum berhasil menunjukkan prestasinya saya harapkan tidak berkecil hati,” ungkapnya.

Di akhir sambutan, Camat Bathin Solapan mengingatkan peserta yang telah mengikuti MTQ ini agar terus memiliki niat ikhlas dalam meningkatkan iman terhadap kitab suci Al Quran.

Semoga partisipasi semua pihak mensukseskan penyelenggaraan MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2021 di Kecamatan Bathin Solapan menjadi amal sholeh yang di ridhoi Allah subhanahu wa ta’ala,”tutup Camat Bathin Solapan.

Kemudian dilanjutkan Penyerahan piala MTQ ke 46 tingkat Kabupaten Bengkalis kepada juara umum oleh Bupati Bengkalis ke Camat Bengkalis.dilanjutkan sesen foto bersama.

Turut menghadiri malam penutupan MTQ ke 46, Bupati dan Wakil Bupati diwakili, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Ketua TP PKK,Kepala Bagian lingkup Sekretariat Daerah, ketua LAMR Bengkalis dan ketua LAMR Kecamatan, Ka KUA dan Camat,Polsek Mandau, Koramil 04 Mandau, Ka UPT, lurah kepala desa se Kabupaten Bengkalis, Dewan Hakim, serta suluruh undangan yang hadir.**

Berita Terkait

Kapolsek Mandau,Ajak Para Wartawan Coffe Morning Bangun Silaturahmi

Duri - Portalriau.com- Kapolsek Mandau Kompol Indra Lukman Prabowo berdiskusi dalam momen coffe morning dengan para wartawan di Duri, Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Riau, Kamis…...

Pertemuan DWP Kabupaten Labuhanbatu Diisi Sosialisasi tentang Kanker

LABUHANBATU, portalriau.com- Pertemuan bulanan Dharmawanita Kabupaten Labuhanbatu yang dipimpin Ir. Hj. Diah Aulidan Yusuf Siagian diisi dengan sosialisasi mengenai kanker payudara yang bertajuk "pencegahan, deteksi…...

Program Vaksinasi Belusukan, Sekdakab Labuhanbatu : Berikan yang terbaik untuk Labuhanbatu

Labuhanbatu, portalriau.com- "Tetap berikan yang terbaik untuk kabupaten ini" . Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Ir. Muhammad Yusuf Siagian, MMA. saat menghadiri…...

Ungkap Pelaku Perampokan dan Pembunuhan di Muara Jalai, Polres Kampar Gelar Konferensi Pers

KAMPAR – Kapolres Kampar yang di Wakili oleh Waka Polres Kampar Kompol Rachmat Muchamad Salihi, SIK, MH mengadakan Konferensi Pers tentang penangkapan pelaku Curas (perampokan)…...

Babinsa Koramil 05/Kampar Bantu Warga Ringankan Beban

KAMPAR – Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Kodim 0313/KPR Serda Sarkawi mengajak masyarakat bergotong royong mendirikan tenda. Kegiatan itu bertempat di Desa Gading Permai, Kecamatan Kampar…...