Disbunnak Keswan Kampar Imbau Kepada Peternak Agar Segera Melakukan Vaksinasi

Disbunnak Keswan Kampar Imbau Kepada Peternak Agar Segera Melakukan Vaksinasi

KAMPAR – Dinas peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Kampar himbau para peternak agar segera mungkin melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunnak Keswan) Kabupaten Kampar Marahalim, SPt melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan Drh. Deyus Herman, bahwa percepatan vaksinasi PMK menjadi program prioritas Dinas peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Kampar.

“Dalam mencegah penyebaran virus yang sangat merugikan para peternak ini maka vaksinasi PMK menjadi program prioritas kami,” katanya Deyus didampingi pejabat fungsional Drh. Miswanto dan Drh. Helmi Kristiana diruang kerjanya, Rabu (15/11/2023).

Ia menuturkan, pihaknya akan menurunkan dua tim untuk melakukan percepatan vaksinasi PMK yang berada di beberapa kecamatan yang memiliki populasi peternakan yang tinggi.

"Diantaranya di Kecamatan Salo, Kecamatan Tapung dan Kecamatan Gunung Sahilan,” beber Deyus.

Ia juga membeberkan, adapun target vaksinasi PMK dalam satu hari sebanyak 100 ekor hewan ternak.

"Dimana target ini harus tercapai hingga 31 Desember nanti,” tukasnya lagi.

Drh. Deyus Herman menyampaikan himbauan kepada para peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan peralatan ternak serta memberikan pakan yang berkualitas.

“Berikutnya himbauan juga untuk para pemasok hewan ternak dari luar daerah supaya melakukan karantina hewan yang di pasok terlebih dahulu dan melakukan vaksinasi PMK sebelum hewan tersebut berbaur dengan hewan ternak sebelumnya,” tuturnya.

Dalam hal percepatan vaksinasi PMK ini, Dinas peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Kampar memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai PMK kepada peternak, serta menerbitkan peraturan dan prosedur pencegahan PMK.

“Melakukan pencegahan penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular ini sangat penting dilakukan, karena PMK ini sangatlah merugikan para peternak,” pungkasnya.***(Edi)

Berita Terkait

Plt. Bupati Labuhanbatu Ingatkan Petugas Pantarlih Tidak Bermain Saat Bekerja

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd. MM mengingatkan agar para petugas Pantarlih tidak bermain - main saat bekerja dalam…...

Peringati HKG PKK ke-52, Plt Bupati Labuhanbatu: "Mari Jadikan Refleksi Bagi PKK"

Labuhanbatu,portalriau.com- Memperingati HKG PKK ke 52 tahun 2024 Plt. Bupati labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, mengajak kepada seluruh Kader PKK di semua tingkatan untuk…...

Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR

Caption: _Laudia Cinta Bella saat menjahit baju pesanan konsumen. Laudia membuka usaha menjahit di rumahnya, di Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, Riau usai menjalani pelatihan menjahit…...

PEBRI MAHMUD SUMONDO URANG BENAI,Berikut Ulasannya

Kuansing - Portalriau.com- Ternyata Pebri Mahmud yang digadang gadang sebagai bakal calon Wakil Bupati Suhardiman Amby adalah sumondo orang Benai, beliau merupakan Salah satu Tokoh…...

Meriahkan Hari Bhayangkara Bupati Kasmari Lepas 300 Trail Adventure ,Bersama Kapolres Bengkalis

DURI - Portalriau.com- Sebanyak 300 Peserta Trail Adventure tahun 2024, dari berbagai daerah mengikuti ajang Trabas Bakti Sosial Hari Bhayangkara bersama Kapolres Bengkalis, di lapangan…...