Rapat Paripurna Laporan Pansus 7 Ranperda Dibuka Langsung Ketua DPRD Kampar Faisal

Rapat Paripurna Laporan Pansus 7 Ranperda Dibuka Langsung Ketua DPRD Kampar Faisal

KAMPAR - Ketua DPRD Kampar M Faisal membuka secara resmi rapat Paripurna terkait Laporan Panitia Khusus (Pansus), Senin (13/10/2023).

Adapun kegiatan itu dihadiri langsung Pj Bupati Kampar H Muhamad Firdaus,SE,MM, didampingi Pj Sekda Kampar Ramlah,SE,M.Si, para Asisten, Staf Ahli, dan para kepada OPD dan Kepala Bagian dan lainnya.

Pj Bupati Kampar, Firdaus menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Penghargaan kepada pimpinan dan anggota yang tergabung dalam pansus yang telah melakukan pembahasan secara mendalam ranperda yang telah diajukan pemda kampar.

Tujuh ranperda tersebut antara lain, Ranperda tentang Pengelohan dan Pengembanhan Perikanan Perairan Darat, Ranperda Pajak Daerah dan Restribusi Daerah, Ranperda Pengarusatamaan Gender, ranperda Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah.

Ranperda pencabutan perda tentang Izin Usaha Kontruksi dan pencabutan Perda tentang pengelola Markas Islami Center Bangkinang.

Dengan telah dibahas 7 Ranperda itu, maka pada tahun 2023 pemda Kampar bersama DPRD kampar telah melakukan 9 Ranperda, satu ranperda telah diundangkan atau selesai, sebanyak 7 dalam proses persetujuan DPRD, serta satu masih tahap evaluasi.

Firdaus menyampaikan penghargaan kepada pimpinan dan anggota tergabung dalam pansus yang telah melakukan pembahasan secara baik terhadap ranperda yang telah diajukan pemda kampar.

"Semoga ranperda ini dapat bermanfaat bagi masyarakat kabupaten kampar," kata Firdaus.

Selain itu, dari tujuh Ranperda tersebut, hasil pembahasan di Panitia Khusus I oleh Iib Nursaleh. Di pansus I ini dibahas Jasa Pengarusutamaan Gender, Ranperda Pajak Retribusi Daerah serta pencabutan Ranperda Jasa Internet.

Selanjutnya Pansus II disampaikan Ketua Nefrizal terkait Ranperda Perikanan Darat, dan Pencabutan Izin Usaha Jasa Kontruksi.

Begitu juga Pansus III yang disampaikan Habiburahman,S Ag, dalam pansus III dibahas Ranperda tentang Tata cara Pengadaan Cadangan Pangan Pemda Kampar dan Pencabutan tentang pengelolaan Markas Islami Center Bangkinang.

Setelah dibacakan 7 ranperda masing-masing Pansus, maka seluruh anggota DPRD Kampar yang disaksikan langsung Pj Bupati Kampar syah dijadikan Peraturan Daerah (perda) tahun 2023.

Kemudian rapat paripurna dilanjutkan dengan laporan hasil Reses masa sidang III, dimana untuk Dapil Kampar I hasil reses disampaikan saudari Zumrotun.

Dalam dapil I, para anggota DPRD dapil itu menyampaikan aspirasinya masyarakat Kecamatan Bangkinang Kota, Salo,Kuok, Bangkinang, XIII Koto Kampar dan Kec. Koto Kampar Hulu.

Selanjutnya Kampar II atau Dapil II, dalam hal ini hasil reses anggota dewan disampaikan oleh Rizal Rambe, untuk dapil II ini mencakup aspirasi masyarakat Kecamatan Tapung Hulu dan Kecamatan Tapung Hilir. Begitu juga Kampar III atau Dapil III Wilayah Tapung, disampaikan Sri Rahayu.

Sedangkan untuk Dapil IV disampaikan Edi Afrizon, Dapil IV Mencakup wilayah Kampar, Kampa, Kampar Utara, Rumbio Jaya dan Tambang. Kemudian Kampar V atau Dapil V disampaikan Jama'an, dapil ini mencakup aspirasi masyarakat dari wilayah Kecamatan Siak Hulu dan Perhentian Raja.

Terakhir kampar V atau Dapil V yang disampaikan oleh Habiburahman, wilayah ini memcakup Kecamatan Kampar Kiri Huku, Kampar Kiri, Kampar Kiri Tengah, Kampar Kiri Hilir dan Kecamatan Gunung Sahilan. (Edi/Adv)

Berita Terkait

Plt. Bupati Labuhanbatu Ingatkan Petugas Pantarlih Tidak Bermain Saat Bekerja

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd. MM mengingatkan agar para petugas Pantarlih tidak bermain - main saat bekerja dalam…...

Peringati HKG PKK ke-52, Plt Bupati Labuhanbatu: "Mari Jadikan Refleksi Bagi PKK"

Labuhanbatu,portalriau.com- Memperingati HKG PKK ke 52 tahun 2024 Plt. Bupati labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, mengajak kepada seluruh Kader PKK di semua tingkatan untuk…...

Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR

Caption: _Laudia Cinta Bella saat menjahit baju pesanan konsumen. Laudia membuka usaha menjahit di rumahnya, di Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, Riau usai menjalani pelatihan menjahit…...

PEBRI MAHMUD SUMONDO URANG BENAI,Berikut Ulasannya

Kuansing - Portalriau.com- Ternyata Pebri Mahmud yang digadang gadang sebagai bakal calon Wakil Bupati Suhardiman Amby adalah sumondo orang Benai, beliau merupakan Salah satu Tokoh…...

Meriahkan Hari Bhayangkara Bupati Kasmari Lepas 300 Trail Adventure ,Bersama Kapolres Bengkalis

DURI - Portalriau.com- Sebanyak 300 Peserta Trail Adventure tahun 2024, dari berbagai daerah mengikuti ajang Trabas Bakti Sosial Hari Bhayangkara bersama Kapolres Bengkalis, di lapangan…...