Sekda Bersama Kapolres Meranti Ikuti Rakor Penanganan Covid-19 Bersama Presiden RI Joko Widodo

Sekda Bersama Kapolres Meranti Ikuti Rakor Penanganan Covid-19 Bersama Presiden RI Joko Widodo

Meranti, - Portalriau.com--Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dr. H. Kamsol didampingi Kapolres Meranti AKBP. Eko Wimpiyanto, mengikuti Rakor penanganan Covid-19 bersama Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melalui Zoom Meeting, ruang rapat Melati, Senin (19/7/2021).

Rakor juga diikuti oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkes Budi Gunadi, Kapolri, Kajagung, Kepala Daerah Gubernur, Bupati/Walikota dan Forkopimda Se-Indonesia.

Turut hadir bersama Sekda Meranti, Forkopimda dan sejumlah Kepala OPD terkiat dilingkungan Pemkab. Meranti.

Dalam Rakor tersebut Presiden Joko Widodo, mengeluarkan beberapa intruksi yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh Kepala Daerah bersama Forkopimda didukung oleh tokoh masyarakat dan agama diantaranya adalah,

Akhir dari Pandemi tidak bisa diprediksi seiring munculnya berbagai Varian baru artinya Pandemi bisa diluar diperkiraan.

"Kita butuh ketahanan nafas yang panjang untuk itu saya minta Gubernur, Bupati-Walikota terus fokus pada masalah ini baik dalam penanganan Covid-19 maupun ekonomi, saya minta mesin organisasi dijalankan sebaik-baiknya,"ujar Presiden.

Selanjutnya Presiden meminta memperkuat kepemiminan lapangan mulai dari Provinsi hingga ketingkat Desa termasuk juga para tokoh masyarakat dan agama.

Terkait ekonomi dikatakan Presiden bisa dilonggarkan jika kasus Covid-19 berhasil ditekan.

"Jagan sampai akibat salah kebijakan kasus meningkat dan ketersediaan ruang Isolasi tidak cukup maka akan menyebabkan kolaps," ucap Presiden.

Menurut Presiden saat ini kunci penanganan Covid-19 adalah dengan memperkuat Vaksinasi dan konsisten melaksanakan Protokol Kesehatan.

"kepala daerah dan Forkopimd harus benar-benar bertanggungjawab dan pemerintah pusat akan memberikan dukungan,"ungkapnya.

Oleh karena itu Presiden meminta tindakan dilapangan untuk pencegahan menerapkan Prokes harus ditingkatkan.

Sosialisasi dilapangan kepada warga terkait deteksi dini terpapar Covid-19 juga menjadi perhatian Presiden agar masyarakat yang terpapar dapat mengambil tindakan cepat.

Intruksi selanjutnya penyiapan Isolasi terpusat untuk warga positif Covid-19 bagi pasien Covid-19 bergejala rendah khususnya dikawasan padat penduduk agar tidak terjadi penyebaran cepat.

Penerapan Prokos ketat dipasar, pabrik, Mall yang disepakati oleh para pelaku ekonomi.

Cadangan ruang Isolasi di Rumah Sakit Daerah, begitu juga ketersediaan obat-obatan serta Oksigen.

Percepatan bantuan sosial dan belanja daerah (UMKM, Dana Desa, Perlindungan Sosial) yang sangat dinanti oleh masyarakat.

Selain itu Intruksi juga disampaikan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin diantaranya,

Pemda dan Forkopimda dapat bekerjasama dengan Ormas Islam agar Idul Adha tidak menimbulkan Cluster Covid-19.

Bagi Daerah yang berada di Zona Meran Sholat Idul Adha tidak dibenarkan dimasjid atau dilapangan.

Dan yang tak kalah penting pendistribusia daging kurban harus diantarkan kerumah agar tidak menimbulkan kerumunan.

Terakhir PPKM dilapangan diminta sinergitas yang kuat antara Pemda, Forkopimda dan Tokoh Masyarakat. (Am)

Berita Terkait

Kapolda : Mutasi Merupakan Dinamika Organisasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Polri

PEKANBARU - Portalriau.com-- Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Pejabat Utama Polda Riau dan Kapolres jajaran di Aula…...

Cukup Bayar SPP, Langsung Bisa Kuliah di Universitas Lancang Kuning (Unilak)

Pekanbaru-Portalriau.com - Dalam rangka hari ulang tahun Provinsi Riau ke-64 dan Dirgahayu RI ke-76, Universitas Lancang Kuning (Unilak) memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa yang ingin…...

Gugus Tugas Kabupaten Labuhanbatu Lakukan Rapat Kordinasi Penanganan Covid-19

Labuhanbatu, portalriau.com-Tim tugas kabupaten labuhanbatu terdiri dari intansi TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melakukan rapat kordinasi penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19, diruang Data dan…...

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Terima Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA)

Labuhanbatu, portalriau.com- Berdasarkan surat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor B.1225/Setmen/D.PHA.5/TK.05/7/2021 perihal Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2021 yang dilaksanakan secara daring…...

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Terapkan (PPKM) Level 3 kepada Masyarakat dan Pelaku Usaha

Labuhanbatu, portalriau.com- Sesuai Instruksi Gubernur Sumatera Utara Nomor : 188.54/31/INST/2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Serta Mengoptimalkan Posko…...