294 PPS Mengambil Sumpah Jabatan

294 PPS Mengambil Sumpah Jabatan

Labuhanbatu,Portalriau.com- Sebanyak 294 Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan umum tahun 2024 dari 98 desa/kelurahan se-Kabupaten Labuhanbatu mengambil sumpah jabatan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai keyakinan masing-masing.

Pengambilan sumpah tersebut disaksikan para pimpinan Forkopimda Labuhanbatu atau yang mewakili, Ketua KPU dan Bawaslu yang dirangkai bimbingan teknis panitia pemungutan suara pemilu tahun 2024 diaula Asrama Haji Rantauprapat Kecamatan Rantau Selatan Selasa 24 Januari 2023.

Usai pengambilan sumpah, para pimpinan KPPS dari sembilan Kecamatan membubuhkan tanda tangan fakta integritas dan komitmen bersama.

Mewakili Bupati Labuhanbatu dr H.Erik Adtrada Ritonga, MKM, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs. Sarimpunan Ritonga,M.Pd mengatakan, Memperhatikan undang-undang no 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dan ketentuan berdasarkan PKPU nomor 8 Tahun 2022, tentang pembentukan dan tata kerja badan adhoc penyelenggara pemilihan umum dan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota yang dalam hal ini PPK dan PPS menjadi bagian yang sangat penting dan strategis Sebagai penyelenggara pemilu.

Peran PPS sangat menentukan mengingat PPS merupakan perpanjangan tangan PPK dan KPU yang akan melaksanakan tugas penyelenggara di tingkat Kelurahan atau Desa untuk melaksanakan koordinasi dengan PPK sebagai pelaksana di tingkat Kecamatan. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya sangat menaruh harapan kepada saudara-saudari anggota PPS yang baru saja dilantik untuk segera melakukan koordinasi internal baik secara vertikal maupun horizontal agar tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2024 dapat terlaksana dengan baik.

Terkait itu Sarimpunan menegaskan PPS di masing-masing kelurahan untuk selalu melakukan koordinasi dengan anggota PPK di Kecamatan, senantiasa berpedoman pada aturan hukum yang berlaku dan hendaklah memberikan pelayanan dengan mengedepankan semangat profesionalisme dan integritas tinggi sehingga dapat terjalin komunikasi secara efektif antara sesama penyelenggara pemilu dan pada akhirnya akan membawa hasil sebagaimana yang kita harapkan.

Mengakhiri pidatonya Asisten I mengucapkan selamat kepada yang telah dilantik menjadi anggota PPS dalam penyelenggara pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024, selamat bekerja, berkarya dan berbakti kepada nusa dan bangsa. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya kepada kita semua. Pungkas Sarimpunan

Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi S.Sos,MM, dikesempatan itu mengatakan, Pekerjaan kita baru akan dimulai pada 2024, banyak hal yang harus kita lalui, kita memiliki catatan panjang di jajaran TPS sampai KPPS, ini adalah proses yang sangat sensitif yang harus dikerjakan oleh teman-teman kita, hari ini harus bijak, adil terbuka dan benar-benar memberikan informasi akurat yang koperatif kepada semua peserta pemilu.

"Hari ini kita harus bisa memberikan fasilitas informasi dan pekerjaan yang baik kepada seluruh peserta pemilu dan pemilih yang nantinya akan kita lontarkan pada tanggal 14 Februari 2024".ujar Wahyudi.

Lebih lanjut ucap Wahyudi, Kalau kita sebagai penyelenggara pemilu tidak mampu melakukan pemilihan dengan baik, maka akan ada hambatan dan gejolak sehingga menimbulkan kekacauan terhadap pemerintahan negara Republik Indonesia, sebut Wahyudi.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Arsyad Rangkuti mengajak seluruh PPS yang baru saja dilantik untuk menjalankan tugasnya dengan baik. "Mari laksanakan tugas ini dengan baik, yakinlah kita akan mampu, semua itu bisa kita lakukan apabila kita kerjakan secara bersama- sama.ujarnya.

Selain dihadiri Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs Sarimpunan Ritonga,M.Pd, hadir diacara tersebut Wakapolres Labuhanbatu Kompol Drs.Hermansyah, Kasdim 0209/lb Mayor Inf. Indra Gunawan, Ketua KPU Wahyudi S.Sos, Ketua Bawaslu Parulian Silaban, S.Ag, SE, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Arsyad Rangkuti, Kaban Kesbangpol Nilwan , mewakili Kajari Labuhanbatu Yuli Depari SH.MH, PPK dan PPS yang baru dilantik.

Berita Terkait

Jumingan : Profesi fotografi diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan di Labuhanbatu

Labuhanbatu,portalriau.com- Diskominfo Labuhanbatu - Asosiasi profesi fotografi Indonesia (APFI) cabang Labuhanbatu diharapkan dapat meningkatkan minat anak muda di bidang fotografi sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan…...

Study Banding Anggota DPRD Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau ke Kecamatan Mandau

Portalriau.com- Mandau -- Kamis(26/01/2023), Pemerintah Kecamatan Mandau menerima kunjungan dari jajaran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau. Kunjungan tersebut dalam…...

Bupati Kasmarni dan Kepala Bakamla RI Sepakat Jalin Kerjasama Tingkatkan Pengamanan Laut

Portalriau.com- JAKARTA- Bupati Bengkalis Kasmarni menandatangani sekaligus menyerahkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah dan Berita Acara Serah Terima Hibah Tanah dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis kepada Badan…...

PHR Tingkatkan Produksi Migas, Akan Bangun Jembatan Permanen di Rohul

Portalriau.com- PEKANBARU, 26 Januari 2023 – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) tahun ini akan membangun Jembatan Jorang yang melintasi Sungai Rokan Kiri, di Desa Bonai,…...

294 PPS Mengambil Sumpah Jabatan

Labuhanbatu,Portalriau.com- Sebanyak 294 Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan umum tahun 2024 dari 98 desa/kelurahan se-Kabupaten Labuhanbatu mengambil sumpah jabatan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi…...