Pemkab Labuhanbatu Beserta Kodim 0209/lb Siap Laksanakan TMMD Reguler ke-120

Pemkab Labuhanbatu Beserta Kodim 0209/lb Siap Laksanakan TMMD Reguler ke-120

Labuhanbatu, Poryalriau.com- Kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dengan Kodim 0209/lb siap melaksanakan dan mensukseskan TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) reguler ke-120 tahun anggaran 2024 pada tanggal 8 Mei hingga 6 Juni 2024 mendatang di Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu.

Persiapan materil hingga proses pengerjaan program TMMD itu disampaikan Dandim 0209/lb Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro, S.I.P, pada pemaparan secara daring dengan Pangdam I Bukit Barisan di Aula Kantor Camat Panai Tengah Jum'at 3/5/2024.

Dandim 0209/lb menyebutkan, adapun dasar dilaksanakannya TMMD sesuai dengan surat tembusan Kasad no ST 02/2023 tgl 10 februari 2023, ST Pangdam I Bukit Barisan no ST 333/2024 tgl 16 februari 2024 dan ST Danrem 022/PT, no ST 116/2024 tgl 23 februari 2024.

"TMMD akan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei hingga 6 Juni 2024 di Desa Selat Beting Kecamatan Panai Tengah " ujarnya.

Yang melatar belakangi pemilihan sasaran satgas TMMD ucap Dandim, ada beberapa akses jalan pengangkutan hasil panen masyarakat yang memerlukan pembangunan dan untuk menjaga produktivitas hasil pertanian.

Dandim juga menegaskan TMMD tahun anggaran 2024 memiliki sasaran Fisik dan Non Fisik, adapun sasaran fisik utama berupa peningkatan akses badan jalan sepanjang 1.550 M × 5,5 M × 0,6 M, sasaran fisik tambahan berupa 3 unit sumur bor, sedangkan untuk sasaran non fisik TMMD akan melakukan penyuluhan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Narkoba dan Kamtibmas serta Penyuluhan Hukum.

Dijelaskan Letkol Yudi, TMMD nantinya akan di isi oleh personil sekitar 110 personil, 80 diantaranya berasal dari Yonif 126/KC, 10 personil Yonif Zipur, 5 personil Lanal TBA, 5 personil Lanud Medan dan 10 personil dari Polres Labuhanbatu.

Sebelumnya Pangdam I Bukit Barisan Mayjend TNI Mochamad Hasan melalui Video Converence menyebutkan, Tujuan dari TMMD ini adalah untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa, baik fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

Dikesempatan itu Pangdam juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang telah mempercayakan pelaksanaan TMMD kepada Kodam I Bukit Barisan.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah yang telah mempercayai Kodam Bukit Barisan untuk melaksanakan TMMD Ke-120 Tahun 2024,” ucapnya.

Ia menambahkan TMMD ini juga menjadi sarana komunikasi prajurit TNI dengan masyarakat, di mana nantinya para prajurit yang terlibat akan terjun langsung ke masyarakat dan akan tinggal di rumah warga masyarakat setempat.pungkas Pangdam.

Pangdam berharap kiranya pemaparan ini dapat memberikan kontribusi positif dan melahirkan ide gagasan serta pikiran dan tanggung jawab kita untuk memberikan yang terbaik terhadap bangsa yang kita cintai.

Mochamad Hasan berpesan, agar pemerintah dan TNI mensinergikan berbagai program pemerintah daerah yang bisa dipadukan dalam kegiatan TMMD, "oleh karena itu koordinasi dengan masing-masing pemerintah daerah sangatlah diperlukan sehingga nantinya dapat diimplementasikan untuk solusi terbaik sehingga pelaksanaan program TMMD dapat terlaksana dengan baik". Tutup Pangdam.

Sementara Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar dalam testimoni mengucapkan selamat dan siap berkolaborasi mensukseskan program TMMD bersama Kodim 0209/lb.

" Sebagai dukungan untuk mensukseskan program TMMD, pemerintah Kabupaten Labuhanbatu beberapa waktu lalu telah mensurvei lokasi akan di laksanakanya TMMD, kita siap berkolaborasi dengan Kodim 0209/lb agar kegiatan ini berjalan dengan baik".

"Bersama kita bisa membangun masyarakat dengan kemanunggalan TNI" ujar Hj Ellya Rosa.

Terlihat hadir mengikuti paparan Pangdam I Bukit Barisan, Pimpinan Forkopimda Labuhanbatu, Unsur Muspika, Pemerintahan Desa, Kepala OPD dan tokoh masyarakat.(Toni)

Berita Terkait

Bupati Bengkalis Kasmarni, Buka MTQ Ke VI Tingkat Kecamatan Bathin Solapan

Bathin Solapan,– Bupati Bengkalis Kasmarni membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VI tingkat Kecamatan Bathin Solapan, bertempat di halaman Kantor Camat Bathin Solapan, Senin, 22 Juli…...

Pemprov Riau Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi, Berkat Operasi PHR di Blok Rokan

PEKANBARU, 23 Juli 2024 – Keberadaan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. PHR dinilai memberikan…...

Pimpin Apel Gabungan Asisten III: " pentingnya sistem keamanan yang berbasis elektronik"

Labuhanbatu, Portalriau.com- Asisten lll Zaid Harahap S.OS mengatakan pada tanggal 20 Juni 2024 yang lalu terjadi peretasan oleh data Ransomware Lockbit 3.0 terhadap PDNS (Pusat…...

Program Penguatan Vokasi PHR Membuka Asa Muhammad Nizam Merajut Sukses

Pekanbaru, Portalriau.com- 15 Juli 2024 – Muhammad Nizam tidak melewatkan kesempatan begitu mendapat informasi adanya kegiatan pelatihan komputer adminsitrasi perkantoran lewat Program Penguatan Vokasi PT…...

Jalankan Tata Kelola Perusahaan, PHR Dorong Mitra Kerja Komitmen Terhadap Anti Korupsi

Jakarta - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan berkomitmen dalam menerapkan tata kelola Perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) pada…...