Resmi Ditutup, Total 1.786 Putra-Putri Riau Daftar Beasiswa Prestasi S1 PHR

Resmi Ditutup, Total 1.786 Putra-Putri Riau Daftar Beasiswa Prestasi S1 PHR

Pekanbaru, 10 April 2023 - Program Beasiswa Prestasi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bekerja sama dengan Pertamina Foundation (PF) disambut antusias putra-putri Riau. Hingga batas akhir pendaftaran pada Kamis, 6 April 2023, tercatat sebanyak 1.786 pelajar Riau mendaftarkan diri mengikuti program Beasiswa Prestasi S-1 ini.

Corporate Secretary PT PHR Rudi Ariffianto mengatakan, tingginya minat putra-putri Riau untuk mengikuti Beasiswa Prestasi Program S-1 sudah terlihat sejak pendaftaran dibuka pada 6 Maret 2023 lalu. Para pelajar yang mendaftar merupakan pelajar SMA/SMK sederajat yang berprestasi baik di bidang akademis maupun non akademis di sekolah masing-masing.

Rudi mengapresiasi tingginya minat siswa-siswi Riau mengikuti Beasiswa Prestasi PHR 2023. Hal ini menunjukkan besarnya semangat pelajar Riau untuk mendapatkan kesempatan menimba ilmu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Kami melihat ada semangat yang cukup besar diperlihatkan anak muda Riau. Terima kasih kepada para pedaftar, semoga yang terbaik lolos dan bisa menjalankan program beasiswa ini dengan baik," kata Rudi, Senin (10/4/2023).

Rudi menjelaskan, untuk tahap selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi yang dimulai pada 10-13 April 2023 dan hasilnya akan diumumkan pasa 17 April 2023. Kemudian, peserta yang lolos akan dilakukan Tes Potensi Akademik (TPA) pada 2 Mei 2023, dan seleksi wawancara dan forum group discussion (FDG) pada 3-4 Mei 2023.

Lalu, lanjut Rudi, peserta yang lolos sebagai penerima program Beasiswa Prestasi PHR ini akan diumumkan pada 12 Mei 2023. "Selanjutnya kita akan lakukan registrasi dan persiapan keberangkatan penerima beasiswa pada Mei hingga Juni 2023 dan kita jadwalkan para penerima program ini bisa mulai berkuliah pada periode Agustus-Desember 2023," jelas Rudi.

Para pendaftar program S-1 sebelumnya juga sudah melewati seleksi dari sekolah masing-masing yakni tingkat SMA/SMK sederajat dengan akreditasi A dari 7 kabupaten/kota yang ada di Riau, dengan memperhatikan catatan akademis dan prestasi bidang lainnya.

Rudi menjelaskan, Beasiswa Prestasi PHR akan diberikan kepada 10 orang terpilih untuk menempuh pendidikan sarjana (S1) di Universitas Pertamina. Kampus yang dikelola oleh Pertamina Foundation itu memiliki enam fakultas dan 15 program studi strata satu.

Penerima beasiswa nantinya diberi kebebasan untuk memilih jurusan sesuai minat dan bakatnya masing-masing. Adapun enam fakultas tersebut yakni Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan Program Studi: Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik Perminyakan. Kemudian Fakultas Teknologi Industri, dengan Program Studi: Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik.

Lalu ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan Program Studi: Manajemen dan Ekonomi. Fakultas Perencanaan Infrastruktur, dengan Program Studi: Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan. Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, dengan Program Studi: Kimia dan Ilmu Komputer serta Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan Program Studi: Hubungan Internasional dan Komunikasi

“Penerima beasiswa diberi kebebasan untuk memilih fakultas dan jurusan sesuai minat dan bakat masing-masing,” tukasnya.

Rudi menambahkan, para penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan biaya secara penuh baik itu untuk pendidikan SPP/UKT, biaya hidup dan pendukung serta biaya program pengembangan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.

“Program Beasiswa Prestasi PHR ini merupakan wujud komitmen PHR bersama Pertamina Foundation untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Riau dalam mencetak generasi pemimpin masa depan yang berdaya saing,” tambahnya.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari mengatakan, Beasiswa Prestasi PHR menjadi bentuk sinergi Pertamina Grup yang dapat memenuhi salah satu fokus TJSL BUMN, di bidang pendidikan.

“Pertamina Hulu Rokan sebagai penyelenggara, Pertamina Foundation sebagai mitra pelaksana, dan Universitas Pertamina sebagai kampus tujuan penerima beasiswa. Terlihat hulu dan hilir di bidang pendidikan lewat Beasiswa Prestasi PHR dalam memenuhi TJSL BUMN,” tutup Agus.

Berita Terkait

Pemkab Labuhanbatu Ikuti Pembelajaran ASN se-Propinsi Sumatera Utara

Labuhanbatu, portalriau.com - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu diwakili Asisten II Setdakab Labuhanbatu Drs. Ikramsyah Nasution mengikuti pembelajaran ASN se-Propinsi Sumatera Utara secara daring atas Kunjungan Kerja…...

BKPP Labuhanbatu Upayakan Penuntasan Masalah Disparitis Data ASN

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu Asrol Aziz Lubis MAP mengatakan saat ini pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui badan Kepegawaian,…...

Hj. Ellya Rosa Siregar Prioritaskan Pembangunan Jalan Pangkatan-Tanjung Serang Elang

Labuhanbatu, portalriau.com- Selaku Plt. Bupati Labuhanbatu, Hj Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, menyampaikan aspirasi masyarakat dibawah kepemimpinannya, aspirasi tersebut di sampaikan kepada anggota DPRD Propinsi Sumut…...

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Toba 2024

Labuhanbatu, Portalriau.com - Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, hadir mengikuti rangkaian Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2024, di lapangan Mapolres…...

PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia

JAKARTA, 15 Juli 2024 – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas komitmen dan dedikasinya dalam…...