Bank Sampah Binaan PHR Disambut Antusias Pengunjung Festival LIKE Kementerian LHK

Bank Sampah Binaan PHR Disambut Antusias Pengunjung Festival LIKE Kementerian LHK

Jakarta, 16 September 2023* - Bank Sampah Agrowisata Ponpes Ibnu Al Mubarok, binaan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) turut meramaikan Festival LIKE Road to COP28 UEA Dubai 2023 pada Sabtu, 16 September 2023. Kegiatan yang digelar Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Arena Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta disambut antusias masyarakat.

Pengunjung ramai mendatangi stand pameran (booth) Bank Sampah Ibnu Almubarok yang menampilkan sejumlah produk turunan dari daur ulang sampah. Penggerak Bank Sampah Agrowisata Ponpes Ibnu Al Mubarok yakni Rinwiningsih dengan senang hati membagikan pengalamannya dalam mengelola sampah menjadi bernilai ekonomis kepada pengunjung yang datang.

Sejumlah produk turunan dari daur ulang sampah ditampilkan, di antaranya kotak pensil, kotak tisu, tas hingga pakaian. Kemudian sabun pencuci piring, maggot (belatung), pupuk lindi hingga pupuk cair. Ada pula kerajinan-kerajinan perca hasil buah tangan kaum disabilitas binaan Bank Sampah Agrowisata Ponpes Ibnu Al Mubarok.

Keberadaan produk turunan dari daur ulang sampah ini mengundang decak kagum para pengunjung baik dari kalangan mahasiswa, anak sekolah hingga masyarakat umum. “Alhamdulillah, lumayan banyak yang berkunjung ke booth untuk bertanya-tanya tentang proses daur ulang sampah dan menghasilkan produk turunan,” kata Senior Analyst Social Performance PHR WK Rokan Winda Damelia, yang turut mendampingi Bank Sampah Agrowisata Ponpes Ibnu Al Mubarok pada kegiatan tersebut.

Bank Sampah Agrowisata Ponpes Ibnu Al Mubarok terus tumbuh dan berkembang setelah mendapat pendampingan dari PHR bersama mitra pelaksana LPPM Universitas Lancang Kuning (Unilak). Tidak hanya berhasil mengajak masyarakat dalam pengurangan sampah, Bank Sampah Agrowisata Ponpes Ibnu Al Mubarok ini sekaligus membuka peluang usaha bagi masyarakat di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru mendapatkan ‘cuan’ dari daur ulang sampah.

Di Tahun 2023, bank sampah ini turut mendapat pendampingan dari mitra pelaksana Politeknik Caltex Riau (PCR) yang memfasilitasi produksi sabun cair isi ulang, sabun cuci piring, serta mengembangkan sistem informasi pengelolaan pemasaran dan keuangan.

Sejumlah instansi pemerintahan ikut bergabung menjadi nasabah, di antaranya pihak kantor kelurahan, kantor kecamatan, sekolah dan perguruan tinggi. Bank Sampah Agrowisata Ponpes Ibnu Al Mubarok juga menjadi percontohan sekaligus pusat pelatihan pengelolaan sampah. Pesertanya beragam, mulai dari pemerintahan hingga masyarakat umum.

Keberhasilannya dalam mengelola bank sampah membuat Ponpes Ibnu Al Mubarok meraih sejumlah penghargaan baik di tingkat lokal maupun nasional, di antaranya Juara I Program Satuan Pendidikan Peduli Lingkungan dari Kementerian Agama 2023.

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) secara konsisten mengambil peran menjaga lingkungan hidup di Provinsi Riau. Melalui sejumlah Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), perusahaan hulu migas terkemuka di Indonesia ini terus berupaya memperhatikan aspek lingkungan di tengah operasi menjaga ketahanan energi nasional.

PHR berkomitmen melalui program TJSL mendorong konservasi keanekaramgaman hayati serta peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan lingkungan. “Selain berpusat pada pengembangan masyarakat secara sosial, PHR juga mendorong kepedulian atas pengembangan masyarakat di bidang lingkungan yang berfokus pada upaya perlindungan lingkungan,” kata Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto.

Program bank sampah menjadi salah satu unggulan yang telah direplikasi di 40 lokasi di berbagai kabupaten/kota di Riau. Selain itu, bank sampah juga menjadi bagian dari kesuksesan program Adiwiyata sekolah hingga penghijauan lingkungan melalui pemberian ilmu dan praktik kepada instansi pemerintahan.

Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) yang diikuti Bank Sampah Agrowisata Ponpes Ibnu Al Mubarok ini sekligus menjadi ajang sosialisasi mengenai pengelolaan limbah dari hulu ke hilir yang dikelola secara profesional dan terintegrasi melalui pendekatan ekonomi sirkular untuk mewujudkan net zero emission (NZE).

Di Festival LIKE 2023, Direktorat Jendelar PSLB3 akan melaksanakan serangkaian kegiatan talkshow, pameran coaching clinic, sellers meet buyers, yang berfokus pada komunikasi pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam pengelolaan sampah dan limbah yang komprehensif bagi upaya mitigasi perubahan iklim.

Dari kegiatan talkshow yang akan dilaksanakan, salah satu tema yang dibahas yakni ‘Pemulihan Lahan Terkontaminasi Limbah B3 untuk Membangun Kemandirian Ekonomi Rakyat’ dengan menghadirkan VP Remediation and Site Retirement PHR Sukamto Tamrin sebagai narasumber.

Kegiatan berskala nasional digelar mulai 16-18 September yang rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Festival LIKE turut mengundang gubernur, wali kota seluruh Indonesia serta akademisi, dunia usaha dan komunitas masyarakat.

Berita Terkait

Plt. Bupati Labuhanbatu Ingatkan Petugas Pantarlih Tidak Bermain Saat Bekerja

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd. MM mengingatkan agar para petugas Pantarlih tidak bermain - main saat bekerja dalam…...

Peringati HKG PKK ke-52, Plt Bupati Labuhanbatu: "Mari Jadikan Refleksi Bagi PKK"

Labuhanbatu,portalriau.com- Memperingati HKG PKK ke 52 tahun 2024 Plt. Bupati labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, mengajak kepada seluruh Kader PKK di semua tingkatan untuk…...

Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR

Caption: _Laudia Cinta Bella saat menjahit baju pesanan konsumen. Laudia membuka usaha menjahit di rumahnya, di Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, Riau usai menjalani pelatihan menjahit…...

PEBRI MAHMUD SUMONDO URANG BENAI,Berikut Ulasannya

Kuansing - Portalriau.com- Ternyata Pebri Mahmud yang digadang gadang sebagai bakal calon Wakil Bupati Suhardiman Amby adalah sumondo orang Benai, beliau merupakan Salah satu Tokoh…...

Meriahkan Hari Bhayangkara Bupati Kasmari Lepas 300 Trail Adventure ,Bersama Kapolres Bengkalis

DURI - Portalriau.com- Sebanyak 300 Peserta Trail Adventure tahun 2024, dari berbagai daerah mengikuti ajang Trabas Bakti Sosial Hari Bhayangkara bersama Kapolres Bengkalis, di lapangan…...