Konservasi Gajah dan Argoforestri PHR Kembali Raih Penghargaan Bergengsi

Konservasi Gajah dan Argoforestri PHR Kembali Raih Penghargaan Bergengsi

Jakarta, 12 Desember 2023 - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) kembali menerima penghargaan atas salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) nya yaitu Konservasi Gajah dan Agroforestri. Apresiasi tersebut diberikan pada pergelaran Anugerah Corporate Social Responsibility (CSR) IDX Channel 2023, dalam Kategori Inisiatif Pengembangan Lingkungan (Environmental Development Initiatives).

PHR dianggap telah memenuhi tiga aspek utama dalam penilaian, yaitu aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang social responsibility, keberlanjutan, aspek GCG, dan aspek keselarasan program CSR dengan strategi dan daya saing bisnis.

“Dalam program Konservasi Gajah, PHR bekerja sama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan Rimba Satwa Foundation (RSF) berkomitmen untuk terus melindungi dan melestarikan gajah dan habitatnya. Gajah adalah hewan yang penting dalam ekosistem, dan mereka memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan alam”, ujar Manager CSR Pertamina Hulu Rokan Pinto Budi Bowo Laksono.

Pinto menambahkan, beberapa strategi untuk mewujudkan konservasi gajah yang telah dilakukan seperti pemanfaatan teknologi dengan pemasangan GPS Collar pada gajah, penguatan sinergi pengembangan masyarakat untuk edukasi, pengembangan habitat dan koridor untuk gajah, serta pertanian agroforestri.

Pada program agroforestri, dilakukan untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat, pemulihan habitat gajah dan pengurangan konflik antara gajah dan manusia.

Secara umum, program ini berupa pengembangan sistem agroforestri di lahan-lahan masyarakat yang kerap berkonflik dengan gajah. Masyarakat yang lahannya berada di home-range dan perlintasan gajah dilibatkan. Dengan menanam berbagai jenis tanaman yang rendah gangguan dari gajah, namun bernilai ekonomi tinggi.

Inisiatif program agroforestri ini memiliki manfaat yang multi dimensi. Selain mendukung pengurangan jejak karbon melalui penanaman pohon, menjaga keanekaragaman hayati, memberdayakan ekonomi masyarakat, juga memperbesar ruang di mana gajah dapat diterima oleh masyarakat. Dengan demikian ruang-ruang yang berpotensi konflik akan mengecil.

"Kami sangat bangga menerima penghargaan dari IDX ini. Ini merupakan pengakuan atas komitmen kami untuk melindungi lingkungan dan mendukung pembangunan berkelanjutan," ucapnya.

PHR berkomitmen untuk terus menjalankan program konservasi gajah dan agroforestri. Program-program tersebut merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Anugerah CSR IDX Channel 2023 diselenggarakan untuk menghargai perusahaan-perusahaan yang telah melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR), berkolaborasi dengan beberapa asosiasi CSR terkemuka di tingkat nasional. Kegiatan ini merupakan penyelenggaraan tahun ketiga dan kali ini CSR Award mengusung tema ‘Enhancing CSR Strategy to Drive Impactful Transformation’. Tema ini dipilih dengan tujuan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah menjalankan inisiatif CSR yang memberikan dampak positif pada bisnis, masyarakat, dan lingkungan selama periode pemulihan ekonomi.

Tahun ini, kegiatan melibatkan Juri Kehormatan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki dan diikuti oleh 37 perusahaan yang mengusulkan 47 program CSR dari berbagai sektor. IDX Channel, sebuah stasiun televisi berita bisnis 24 jam, turut berperan sebagai mitra penyelenggara dalam menyajikan berita dan informasi bisnis dari Bursa Efek Indonesia melalui kerjasama antara Media Nusantara Citra dan Bursa Efek Indonesia.

Berita Terkait

Bupati Bengkalis Kasmarni, Buka MTQ Ke VI Tingkat Kecamatan Bathin Solapan

Bathin Solapan,– Bupati Bengkalis Kasmarni membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VI tingkat Kecamatan Bathin Solapan, bertempat di halaman Kantor Camat Bathin Solapan, Senin, 22 Juli…...

Pemprov Riau Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi, Berkat Operasi PHR di Blok Rokan

PEKANBARU, 23 Juli 2024 – Keberadaan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. PHR dinilai memberikan…...

Pimpin Apel Gabungan Asisten III: " pentingnya sistem keamanan yang berbasis elektronik"

Labuhanbatu, Portalriau.com- Asisten lll Zaid Harahap S.OS mengatakan pada tanggal 20 Juni 2024 yang lalu terjadi peretasan oleh data Ransomware Lockbit 3.0 terhadap PDNS (Pusat…...

Program Penguatan Vokasi PHR Membuka Asa Muhammad Nizam Merajut Sukses

Pekanbaru, Portalriau.com- 15 Juli 2024 – Muhammad Nizam tidak melewatkan kesempatan begitu mendapat informasi adanya kegiatan pelatihan komputer adminsitrasi perkantoran lewat Program Penguatan Vokasi PT…...

Jalankan Tata Kelola Perusahaan, PHR Dorong Mitra Kerja Komitmen Terhadap Anti Korupsi

Jakarta - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan berkomitmen dalam menerapkan tata kelola Perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) pada…...