Capai Sasaran Program, Tanoto Foundation Bangun Sinergitas Dengan Stakeholder dan Insan Pers

Capai Sasaran Program, Tanoto Foundation Bangun Sinergitas Dengan Stakeholder dan Insan Pers

KAMPAR - Tanoto Foundation mengadakan kegiatan media meeting program pintar penggerak dengan insan pers Kampar bertempat di Cafe ruang Sederhana plaza Bangkinang, Rabu (23/02/22).

Kegiatan tersebut, dikoordinir langsung oleh Ketua Forum Wartawan Legislatif (FWL) Kabupaten Kampar Aprizal.

Hadir Coms Specialist TF Riau Bahar Makkutana didampingi Kordinator Pintar Penggerak Kabupaten Kampar, Rikson Simanjuntak dan Training Specialist SMP, Dede Suhendra serta Tarining Specialist SD, Nursupriatna.

Juga hadir dari Dispora Kampar yang diwakili Kabid Ketenagaan Admiral, Ketua PWI Kampar Akhir Yani, Ketua IWO Kampar Sudirman dan wartawan dari media cetak, online dan elektronik.

Pada kesempatan itu, Coms Specialist TF Bahar Makkutana mengatakan, bahwa Tanoto Foundation tidak akan bisa bergerak sendiri dalam melaksanakan program-programnya.

"Tanoto Foundation harus bersinergi dengan seluruh stakeholder dan terkhusus dengan para insan pers dalam mencapai sasaran program yang dilaksanakan," pinta Bahar.

Tanoto Foundation, katanya, merupakan salah satu pelaksana Program Organisasi Penggerak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Melalui program PINTAR Penggerak terus berkolaborasi dengan Daerah Mitra untuk melakukan akselerasi peningkatan kualitas pendidikan.

"Upaya peningkatan ini bukan hanya dilakukan di sekolah mitra, namun telah mencakup kebijakan strategis dalam pengelolaan pendidikan di daerah," katanya lagi.

Lebih lanjut, dikatakannya, Langkah awal Program PINTAR Penggerak (Program Organisasi Penggerak) Tanoto Foundation dengan Pemerintah Kabupaten Kampar dalam peningkatan kualitas pendidikan dasar telah dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU), perjanjian kerja sama dengan Dikpora Kampar.

Dimana, telah melatih Modul 1 ke 668 Guru dari 67 sekolah mitra terpilih, 75 fasilitator daerah jenjang SD dan SMP dari 4 kecamatan Mitra dengan partisipasi keaktifan peserta 90 %.

"Sekolah-sekolah yang bermitra dengan POP PINTAR tersebut memperlihatkan perubahan yang signifikan baik dari penerapan pembelajaran maupun manajemen berbasis sekolah," ujarnya lagi.

Perubahan positif tersebut, sambungnya, melahirkan berbagai produk praktik baik yang dihasilkan oleh para guru, kepala sekolah maupun siswa memerlukan sarana publikasi untuk mengenalkan dampak itu kepada sekolah lainnya.

Dijelaskan Bahar, untuk mengenalkan praktik baik tersebut diperlukan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan di Kabupaten Kampar.

"Salah satu stakeholder yang strategis dan efektif adalah media, baik umum maupun media pemerintah," katanya lagi.

Berkaitan dengan hal tersebut, di pandang perlu melakukan pertemuan secara khusus dengan perwakilan beberapa media.

"engan interaksi tersebut dapat melahirkan kesepahaman dalam mengadvokasi produk-produk praktik baik secara bersama-sama," harap Bahar.

Sementara itu, Kepala Dikpora melalui Kabid ketenagaan Admiral mengatakan, bahwa keberadaan Tanoto Foundation sangat membantu pemerintah Kabupaten Kampar dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kampar.

"Pemerintah kabupaten Kampar saat ini sudah eksis dalam membangun dunia pendidikan. Selain membangun sarana dan prasarana (Sapras) melalui dana APBD Kampar, Pemerintah Kabupaten Kampar juga telah membangun Sapras pendidikan dengan APBN yang diperjuangkan oleh pemerintah Kabupaten Kampar," kata Admiral.

Pembangunan Sapras, lanjut Admiral, yang bagus itu tidak akan berdaya jika tidak didukung dengan Sumber Daya Manusia yang tangguh dan baik.

"Sapras yang bagus akan menjadi sia-sia jika tidak didukung dengan ADM yang unggul," tambah Admiral dihadapan wartawan Kampar.

Admiral juga mengucapkan apresiasi kepada Tanoto Foundation yang telah membantu pemerintah Kabupaten Kampar dalam menciptakan SDM yang unggul bagi tenaga pendidik dan guru di Kabupaten Kampar.

Program Pintar Penggerak yang dilaksanakan Tanoto Foundation sangat memberikan untuk peningkatan kualitas para guru dan tenaga pendidik kita.

"Semoga program ini terus berlanjut, sehingga tercapainya peningkatan mutu pendidikan yang kita inginkan," pungkas Admiral.

Sementara itu, Ketua FWL Kampar, Aprizal menyambut baik kegiatan yang meeting media yang ditaja oleh Tanoto Foundation.

Dikatakannya, semoga sinergisitas insan pers dengan Tanoto terjalin dengan baik.

"Semoga Tanoto Foundation dan insan pers Kampar sama-sama memberikan pengabdian dan manfaat bagi negeri ini khususnya di bidang pendidikan," pungkasnya.**

(Edi)

Berita Terkait

Hj. Ellya Rosa Siregar Prioritaskan Pembangunan Jalan Pangkatan-Tanjung Serang Elang

Labuhanbatu, portalriau.com- Selaku Plt. Bupati Labuhanbatu, Hj Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, menyampaikan aspirasi masyarakat dibawah kepemimpinannya, aspirasi tersebut di sampaikan kepada anggota DPRD Propinsi Sumut…...

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Toba 2024

Labuhanbatu, Portalriau.com - Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, hadir mengikuti rangkaian Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2024, di lapangan Mapolres…...

PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia

JAKARTA, 15 Juli 2024 – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas komitmen dan dedikasinya dalam…...

Pelestarian Budaya Wayang Kulit Bulan Suro di Kabupaten Labuhanbatu

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pemerintah Desa Sei Nahodaris Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, kembali menggelar pertunjukan wayang kulit dalam rangka malam tirakatan mengisi Tahun Baru Islam Muharram…...

188 Siswa Angkatan XIII SMA Unggul Del Dikukuhkan, 5 Dari Labuhanbatu

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu diwakili Kepala Diskominfo Labuhanbatu, Ahmad Fadly Rangkuti ST M.kom menghadiri acara wisuda alumni angkatan X dan pengukuhan siswa…...