DP2KB Labuhanbatu gelar Workshop Pemutakhiran Pendataan Keluarga

DP2KB Labuhanbatu gelar Workshop Pemutakhiran Pendataan Keluarga

Labuhanbatu,Portalriau.com- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Workshop Pemutakhiran Pendataan Keluarga Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2023 yang di buka oleh Sekretaris DP2KB Faoma Liana Dachi, AP. di Ruang Data Karya Kantor Bupati, Rabu (21/06/2023).

Faoma mengatakan sesuai Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan keluarga bahwa Pemerintah Daerah wajib mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data dan informasi mengenai pembangunan keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana.

"Pendataan Keluarga Tahun 2023 ini akan dilaksanakan oleh Kader pendata yang terlatih di wilayah Kabupaten Labuhanbatu untuk menghasilkan data berkualitas melalui proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, penyimpanan, serta pemanfaatan data basis keluarga," katanya.

Pada tahun ini dari 9 Kecamatan Kabupaten Labuhan Batu yang akan melaksanakan pemutakhiran pendataan keluarga hanya beberapa daerah di 6 Kecamatan yakni Kecamatan Rantau Utara dengan jumlah Kepala Keluarga yang akan diverifikasi sebanyak 5767 KK, Bilah Barat sebanyak 3841 KK, Bilah Hilir 2594 KK, Bilah Hulu sebanyak 2947 KK, Pakai Tengah 3044 KK, dan Panai Hulu 4495 KK.

Kepada para peserta workshop Faoma mengatakan agar ada kerjasama yang baik dari kita semua mulai dari manajer pengelola, manajer data, supervisor, dan kader pendata Kabupaten Labuhanbatu untuk mendukung serta melaksanakan pemutakhiran pendataan keluarga di Kabupaten Labuhanbatu mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 31 Juli 2023.

"Agar berjalan sesuai aturan yang ada dan menghasilkan data yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai dasar perencanaan kebijakan dan pelaksanaan operasional Program Bangga Kencana dan program pembangunan lainnya di Kabupaten Labuhanbatu," jelasnya.

Ia berpesan untuk mendapatkan data yang benar dan valid agar pelaksanaan pemutakhiran pendataan keluarga ini dapat dilaksanakan secara By name by address, melakukan wawancara dari rumah ke rumah bukan hanya mendata di atas meja.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dan pembekalan teknis oleh narasumber dari BKKBN Provinsi Sumatera Utara yaitu Agung RM Alamsyah, S. Kom, Ir. Mora suli, Hotlin hutjulu, A. Md.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kabid Pengendalian Penduduk DP2KB Kabupaten Labuhanbatu Yulia Dana Saputri, S. Kep., Ners., para kader pendata, dan undangan peserta workshop lainnya.(Toni)

Berita Terkait

Plt. Bupati Labuhanbatu Ingatkan Petugas Pantarlih Tidak Bermain Saat Bekerja

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd. MM mengingatkan agar para petugas Pantarlih tidak bermain - main saat bekerja dalam…...

Peringati HKG PKK ke-52, Plt Bupati Labuhanbatu: "Mari Jadikan Refleksi Bagi PKK"

Labuhanbatu,portalriau.com- Memperingati HKG PKK ke 52 tahun 2024 Plt. Bupati labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, mengajak kepada seluruh Kader PKK di semua tingkatan untuk…...

Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR

Caption: _Laudia Cinta Bella saat menjahit baju pesanan konsumen. Laudia membuka usaha menjahit di rumahnya, di Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, Riau usai menjalani pelatihan menjahit…...

PEBRI MAHMUD SUMONDO URANG BENAI,Berikut Ulasannya

Kuansing - Portalriau.com- Ternyata Pebri Mahmud yang digadang gadang sebagai bakal calon Wakil Bupati Suhardiman Amby adalah sumondo orang Benai, beliau merupakan Salah satu Tokoh…...

Meriahkan Hari Bhayangkara Bupati Kasmari Lepas 300 Trail Adventure ,Bersama Kapolres Bengkalis

DURI - Portalriau.com- Sebanyak 300 Peserta Trail Adventure tahun 2024, dari berbagai daerah mengikuti ajang Trabas Bakti Sosial Hari Bhayangkara bersama Kapolres Bengkalis, di lapangan…...