Dukung Gerakan Literasi, MAN 1 Kampar Gelar Pelatihan Jurnalistik

Dukung Gerakan Literasi, MAN 1 Kampar Gelar Pelatihan Jurnalistik

KAMPAR - Tim Humas MAN 1 Kampar menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik yang bertempat di aula pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kampar.

Adapun kegiatan itu dilaksanakan, guna mendukung gerakan literasi Kampar. Antusias peserta untuk menimba ilmu tentang tehnik menulis berita, terutama yang berhubungan dengan unsur-unsur berita.

Seperti dikatakan Pelatih Jurnalistik MAN 1 Kampar (Mansaka) yang juga Wartawati riauterkini.com, Ainul Umayyah, bahwa kegiatan jurnalistik yang dilaksanakan di Dispersip Kampar merupakan upaya dalam mendukung gerakan literasi Kampar.

Ia juga menjelaskan, bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan di Dispersip, guna untuk mendekatkan siswa pecinta ilmu jurnalistik kepada perpustakaan.

"Menjadi jurnalis harus rajin membaca. Perpustakaan merupakan gudang buku untuk menjawab semua persoalan kehidupan," kata Ainul Umayyah didampingi wartawan auramedia.co, Riki Arfandi dan wartawan Metro Riau, Adi Jondri Putra seusai pelatihan jurnalistik, Sabtu (22/10).

Sebagai jurnalis, katanya, harus berperan aktif terhadap gerakan literasi.

"Dengan literasi, kita juga bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat," beber Ainul.

Program prioritas dan program unggulan Dispersip tentang Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) merupakan program yang dibutuhkan masyarakat saat ini.

Program TPBIS jika terlaksana secara baik dan maksimal, akan mampu membantu masyarakat dalam menjawab persoalan-persoalan kehidupannya.

Program TPBIS juga mampu membantu dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Program TPBIS untuk peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat, akan mampu membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kampar, Ir. Hj. Nurhasani, MM melalui Pustakawan Dispersip Kampar, Musnimar, SE kepada wartawan mengatakan, bahwa Perpustakaan Kampar hadir untuk semua kalangan masyarakat. Pelayanan perpustakaan tidak memandang umur dan tatanan tingkatan sosial.

Perpustakaan tidak memandang kaya dan miskin, cantik dan buruknya seseorang, besar dan kecil seseorang, suku dan ras, serta agama seseorang.

"Perpustakaan hadir untuk siapa saja. Perpustakaan hadir untuk semua orang dan seluruh lini kehidupan masyarakat," kata Musnimar.

Ia juga mengapresiasi kepada siswa dan tim Humas Mansaka untuk mau mengambil manfaat terhadap pelayanan dinas perpustakaan.

Dispersip Kampar saat ini, lanjutnya, terus berupaya untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan perpustakaan kepada Pemustaka.

"Melalui program gerakan literasi Kampar, Dispersip berupaya memberikan kontribusi untuk mencerdaskan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat," tukas Musnimar.

Perpustakaan merupakan tempat mendapatkan ilmu yang tidak mengenal waktu dan usia. Perpustakaan tempat menuntut ilmu hingga akhir hayat.

"Selain Pelayanan pada hari kerja, Dispersip Kampar saat ini memberikan pelayanan kepada Pemustaka hingga hari Sabtu dan Minggu," katanya lagi.

Dispersip dapat dijadikan tempat membaca, penelitian, rekreasi dan tempat untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

"Datang ke pustaka, manfaatkanlah apa saja yang ada di pustaka ini," pungkasnya.**(Edi)

Berita Terkait

Pemkab Labuhanbatu Ikuti Pembelajaran ASN se-Propinsi Sumatera Utara

Labuhanbatu, portalriau.com - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu diwakili Asisten II Setdakab Labuhanbatu Drs. Ikramsyah Nasution mengikuti pembelajaran ASN se-Propinsi Sumatera Utara secara daring atas Kunjungan Kerja…...

BKPP Labuhanbatu Upayakan Penuntasan Masalah Disparitis Data ASN

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu Asrol Aziz Lubis MAP mengatakan saat ini pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui badan Kepegawaian,…...

Hj. Ellya Rosa Siregar Prioritaskan Pembangunan Jalan Pangkatan-Tanjung Serang Elang

Labuhanbatu, portalriau.com- Selaku Plt. Bupati Labuhanbatu, Hj Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, menyampaikan aspirasi masyarakat dibawah kepemimpinannya, aspirasi tersebut di sampaikan kepada anggota DPRD Propinsi Sumut…...

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Toba 2024

Labuhanbatu, Portalriau.com - Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, hadir mengikuti rangkaian Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2024, di lapangan Mapolres…...

PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia

JAKARTA, 15 Juli 2024 – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas komitmen dan dedikasinya dalam…...