Kejari Kampar Berikan Penyuluhan Hukum JMS, Tentang Media Sosial dan Hoax di SMP

Kejari Kampar Berikan Penyuluhan Hukum JMS, Tentang Media Sosial dan Hoax di SMP

KAMPAR - Untuk mendukung terwujudnya revolusi karakter bangsa, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar melaksanakan progam Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Hal ini sebagai salah satu langkah strategis dan efektif dalam bidang pendidikan nasional yang sesuai dengan tugas dan fungsi Kejaksaan Republik Indonesia.

Melalui kegiatan Penerangan Hukum dan Penyuluhan Hukum kepada masyarakat, Kejari Kampar melalui Seksi Intelijen melaksanakan kegiatan JMS yang dilakukan secara virtual Zoom Meeting, Senen (22/03/2021).

Pada pelaksanaan kegiatan JMS Kejaksaan Negeri Kampar ini, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan.

Kegiatan tersebut, diikuti langsung oleh sebanyak 100 (seratus) peserta, yang terdiri dari Tenaga Pendidik (Guru) dan para Siswa dan Siswi di SMPN 1 Tapung, SMPN 3 Tapung, SMPN 1 Tapung Hulu dan SMPN 2 Tapung Hulu.

Adapun Tim Jaksa Masuk Sekolah dari Kejari Kampar pada Seksi Intelijen yaitu, Surya Ramadhany Harahap SH, Satrio Aji Wibowo SH, Muhammad Sadiq Anggara SH dan juga didampingi Kasi Intel Silfanus Rotua Simanullang SH.MH yang selaku Pemateri pada kegiatan JMS.

"Materi yang kita berikan mengenai Media Sosial dan Hoax, ujar Kasi Intel Silfanus.

Lebih lanjut, dikatakannya, bahwa pelaksanakan Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah kali ini masih mendapat respon positif, baik dari pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar serta pihak Sekolah dan para Siswa dan Siswi.

Sebagai salah satu cara, lanjutnya, guna menarik minat para Siswa dan Siswi untuk berani berinteraksi atau berkomunikasi, baik melalui bertanya ataupun menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab.

"Maka Tim JMS memberikan reward berupa pulsa gratis yang diharapkan, dan digunakan pada proses belajar online maupun untuk mengakses internet yang mendukung proses belajar mengajar, tambahnya lagi.

Selain itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kampar melalui Kabid Pembinaan dan Ketenagaan Admiral mengatakan, agar pihak Sekolah dan para Siswa dan Siswi untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai hukum melalui kegiatan Jaksa Masuk Sekolah Kejaksaan Negeri Kampar ini.

"Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini dapat kembali dilaksanakan, baik melalui pertemuan secara langsung, harapnya Admiral.

Ia menambahkan, melalui kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini, Kejaksaan Negeri Kampar mengharapkan kepada pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar, agar Sekolah dan para Siswa dan Siswi mengerti dan menghindarikan diri dari perbuatan melawan hukum.

"Khususnya tindak pidana narkotika, sebagaimana yang telah dipaparkan oleh Tim Jaksa Masuk Sekolah," ujarnya.

Disisi lain, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tapung Hulu Prada Kresna S.Si. M.Pd saat dikonfirmasi melalui Via selulernya (22/03/2021) menyampaikan, bahwa kita mengucapkan terimakasih kepada pihak Kejari dan Disdikpora Kampar yang telah mempercayai sekolah kami untuk kegiatan JMS ini.

"Kami sangat berterimah kasih kepada Kejari dan Disdikpora Kampar yang telah menggelar kegiatan JMS di sekolah kami dan 3 sekolah lainnya, ujar Kepsek SMP Negeri 1 Tapung Hulu Prada Kresna.

Kegiatan ini, lanjutnya, dengan materi Media Sosial dan Hoax ini bersifat positif serta sangat bermanfaat bagi kami khususnya para siswa.

Prada menambahkan, dari kegiatan ini banyak yang dapat kita ketahui, terutama kepada anak - anak, agar lebih bijak lagi dalam bermedsos dan bisa membedakan antara berita yang benar atau Hoax.

"Pertemuan ini hendaknya bisa berlanjut, agar lebih banyak lagi ilmu yang kita dapat, terutama dibidang hukum dan lebih bagusnya bisa dilaksanakan secara tatap muka, tutupnya (Edi/**).

Berita Terkait

Pemkab Labuhanbatu Ikuti Pembelajaran ASN se-Propinsi Sumatera Utara

Labuhanbatu, portalriau.com - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu diwakili Asisten II Setdakab Labuhanbatu Drs. Ikramsyah Nasution mengikuti pembelajaran ASN se-Propinsi Sumatera Utara secara daring atas Kunjungan Kerja…...

BKPP Labuhanbatu Upayakan Penuntasan Masalah Disparitis Data ASN

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu Asrol Aziz Lubis MAP mengatakan saat ini pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui badan Kepegawaian,…...

Hj. Ellya Rosa Siregar Prioritaskan Pembangunan Jalan Pangkatan-Tanjung Serang Elang

Labuhanbatu, portalriau.com- Selaku Plt. Bupati Labuhanbatu, Hj Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, menyampaikan aspirasi masyarakat dibawah kepemimpinannya, aspirasi tersebut di sampaikan kepada anggota DPRD Propinsi Sumut…...

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Toba 2024

Labuhanbatu, Portalriau.com - Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, hadir mengikuti rangkaian Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2024, di lapangan Mapolres…...

PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia

JAKARTA, 15 Juli 2024 – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas komitmen dan dedikasinya dalam…...