KUA Dan Lurah Ukui Gelar Seminar Kesehatan Reproduksi Wanita

PELALAWAN - Sebanyak 120 peserta dari kaum perempuan yang tergabung dalam 12 kelompok pengajian ibu-ibu kecamatan Ukui, Jumat (27/12) pagi kemarin mengikuti kegiatan seminar kesehatan reproduksi wanita.

Kegiatan seminar sehari yang ditaja oleh KUA dan Lurah kecamatan Ukui dan dipusatkan diaula kelurahan Ukui kecamatan Ukui ini, mengingat bahwa begitu pentingnya kesehatan reproduksi bagi seorang wanita.

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Ukui Basyiruddin SSos, Kepala KUA Ukui  Azwar Zainal, Lurah Ukui Adnan SH, Kepala Puskesmas Ukui Dr  Laila Handayani, para peserta dari 12 kelompok pengajian ibu-ibu dikecamatan Ukui serta para undangan lainnya.

Camat Ukui Basyiruddin SSos dalam sambutannya mengatakan, bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan ini. Pasalnya, melalui kegiatan ini para peserta seminar akan dapat memperoleh banyak informasi dan pengetahuan tentang bagaimana menerapkan pola PHBS. Dan hal yang paling utama, sebagai wanita juga dituntut harus mengetahui bagaimana melindungi diri terhadap kesehatan yang berhubungan dengan reproduksi wanita.

" Ya, kesehatan sangat mahal harganya, apalagi kesehatan reproduksi bagi wanita. Untuk itu diharapkan agar para peserta dapat mengikuti dengan baik, petik manfaat dari kegiatan ini, untuk kebaikan diri kita masing-masing," terang Camat.

Sementara itu,  Kepala KUA Ukui  Azwar Zainal dalam sambutannya mengatakan, bahwa seminar ini digelar mengingat masalah reproduksi perempuan masih tabu dibicarakan ditataran sosial. Padahal, reproduksi perempuan sangat penting diketahui, karena perempuanlah yang melahirkan bibit-bibit generasi bangsa ini.

" Jika perempuan sehat, maka dia akan melahirkan bibit-bibit yang sehat. Karenanya, maka para kaum ibu-ibu perlu mengetahui reproduksi yang sehat agar dapat melahirkan bibit-bibit yang tampil sebagai generasi yang kuat dan unggul," paparnya.

Lurah Ukui Adnan SH mengatakan, seminar yang digelar ini merupakan titik awal perjuangan dimasa kepemimpinannya dalam membela dan mengangkat derajat kesehatan perempuan. Pasalnya, perjuangan kesetaraan gender tidak zamannya lagi dibicarakan, karena perempuan dan pria memang berbeda, tapi tidak perlu dibeda-bedakan.

" Untuk itu, kita semua berkewajiban mengawal hak-hak perempuan dikabupaten Pelalawan ini khususnya kelurahan dikecamatan Ukui. Artinya, kesehatan reproduksi perempuan adalah salah satu hal yang harus disosialisasikan dan diperjuangkan oleh semua pihak termasuk dinas kesehatan dan khususnya kelurahan Ukui," ujarnya.

Usai membuka seminar, kemudian dilanjutkan dengan memaparkan materi yang disampaikan oleh narasumber dari Kepala Puskesmas Ukui Dr  Laila Handayani. Paparan materi yang disampaikan oleh narasumber antara lain tentang bahaya dan pencegahan kanker leher rahim dan kanker payudara. Selain itu, seluruh peserta juga ikut terlibat dengan melakukan tanya jawab bersama narasumber.(MC Riau/Iin)

Berita Terkait

Hj. Ellya Rosa Siregar Prioritaskan Pembangunan Jalan Pangkatan-Tanjung Serang Elang

Labuhanbatu, portalriau.com- Selaku Plt. Bupati Labuhanbatu, Hj Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, menyampaikan aspirasi masyarakat dibawah kepemimpinannya, aspirasi tersebut di sampaikan kepada anggota DPRD Propinsi Sumut…...

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Toba 2024

Labuhanbatu, Portalriau.com - Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, hadir mengikuti rangkaian Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2024, di lapangan Mapolres…...

PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia

JAKARTA, 15 Juli 2024 – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas komitmen dan dedikasinya dalam…...

Pelestarian Budaya Wayang Kulit Bulan Suro di Kabupaten Labuhanbatu

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pemerintah Desa Sei Nahodaris Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, kembali menggelar pertunjukan wayang kulit dalam rangka malam tirakatan mengisi Tahun Baru Islam Muharram…...

188 Siswa Angkatan XIII SMA Unggul Del Dikukuhkan, 5 Dari Labuhanbatu

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu diwakili Kepala Diskominfo Labuhanbatu, Ahmad Fadly Rangkuti ST M.kom menghadiri acara wisuda alumni angkatan X dan pengukuhan siswa…...