Plt Bupati Labuhanbatu Lepas Kontingen Ikuti Ajang FTBI Tingkat Nasional

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd.,MM didampingi Dandim 0209/LB Letkol lnf Yudi Ardiyan Saputro, S.I.P dan Kepala Dinas Pendidikan Asrol Aziz, SE.,M.A.P., melepas kontingen Labuhanbatu yang akan mengikuti ajang FTBl di Jakarta. Selasa (30/4/2024), di Rumah Dinas Wakil Bupati Labuhanbatu.

Ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Nasional akan digelar pada 1 – 5 Mei 2024 di Jakarta sekaligus peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024. Kegiatan ini merupakan sarana berbagi praktik baik upaya pelestarian bahasa ibu khususnya bahasa daerah Bilah Panai yang melibatkan pelajar untuk menampilkan capaian belajar bahasa daerahnya melalui berbagai pertunjukkan menarik.

Para siswa/siswi asal Labuhanbatu yang mewakili provinsi Sumatera Utara tersebut akan mengikuti kegiatan mendongeng, aksara, juga puisi dan tembang tradisi berbahasa Bilah Panai.

Mereka diantaranya berasal dari jenjang Madrasah Tsanawiyah, Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar (SD). Para peserta tersebut adalah Naila Shofwana Dalimunthe (syair senandung Bilah - Panai), Noufal Azzam Hasibuan dan Janeeta Khanaya (Tembang Tradisi) Rayhan Attaufa Rambe (cerita pantun).

Peserta FTBIN 2024 ini didampingi oleh para musisi yang terdiri dari Zulfadli Nasution, Irwansyah Hasibuan, Ishak Noor Hasibuan, Veri Madewa selaku Maestro, Muhammad Zen Ajrai selaku pimpinan kontingen dan Eiwan Budi Kuswara selaku Kabid SD Dinas Pendidikan Labuhanbatu sebagai Pendamping Kabupaten dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu.

Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) 2024 ini adalah kali kedua yang diikuti oleh Labuhanbatu yang menjadi unggulan kontingen Sumatera Utara menuju Nasional.

Menerima 4 orang siswa berprestasi tersebut, Plt. Bupati Hj. Ellya Rosa, S.Pd., MM., menyampaikan rasa bangganya kepada Siswa/Siswi tersebut yang mampu menuju FTBIN 2024.

Usai menyaksikan empat orang siswa atau bercerita, bernyanyi dan sinandong Bilah, Plt Bupati pun mengaku optimis bahwa para siswa ini dapat meraih keberhasilan, dengan catatan semakin mempertajam materi maupun kemampuannya.

“Dengan keberhasilan para siswa ini, saya berharap Bahasa daerah Bilah Panai, kearifan lokal, serta adat istiadatnya dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Merawat bahasa sebagai bagian dari budaya dinilai penting, itu menunjukkan eksistensi sebuah bangsa,” sebut Plt. Bupati Hj. Elya Rosa.

Turut hadir, Para Asisten Sekdakab, Para Staf Ahli Bupati, Para Pimpinan OPD dan Tamu Undangan Lainnya.(Toni)

Berita Terkait

Plt. Bupati Labuhanbatu Ingatkan Petugas Pantarlih Tidak Bermain Saat Bekerja

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd. MM mengingatkan agar para petugas Pantarlih tidak bermain - main saat bekerja dalam…...

Peringati HKG PKK ke-52, Plt Bupati Labuhanbatu: "Mari Jadikan Refleksi Bagi PKK"

Labuhanbatu,portalriau.com- Memperingati HKG PKK ke 52 tahun 2024 Plt. Bupati labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, mengajak kepada seluruh Kader PKK di semua tingkatan untuk…...

Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR

Caption: _Laudia Cinta Bella saat menjahit baju pesanan konsumen. Laudia membuka usaha menjahit di rumahnya, di Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, Riau usai menjalani pelatihan menjahit…...

PEBRI MAHMUD SUMONDO URANG BENAI,Berikut Ulasannya

Kuansing - Portalriau.com- Ternyata Pebri Mahmud yang digadang gadang sebagai bakal calon Wakil Bupati Suhardiman Amby adalah sumondo orang Benai, beliau merupakan Salah satu Tokoh…...

Meriahkan Hari Bhayangkara Bupati Kasmari Lepas 300 Trail Adventure ,Bersama Kapolres Bengkalis

DURI - Portalriau.com- Sebanyak 300 Peserta Trail Adventure tahun 2024, dari berbagai daerah mengikuti ajang Trabas Bakti Sosial Hari Bhayangkara bersama Kapolres Bengkalis, di lapangan…...