Wujudkan Pelayanan Publik Bidang Perpustakaan, KPLK Visit ke Pocadi Dispersip Kampar

Wujudkan Pelayanan Publik Bidang Perpustakaan, KPLK Visit ke Pocadi Dispersip Kampar

KAMPAR - Komunitas Penggiat Literasi Kampar (KPLK) visit (kunjungi) ke Pojok Baca Digital (Pocadi) Kampar. Selain menambah pengetahuan, para aktivis literasi tersebut berniat akan membantu masyarakat Kampar agar bisa mengambil manfaat dari program yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar.

"Pocadi merupakan model perpustakaan dengan format buku digital (e-book). Pocadi juga memberikan layanan buku cetak," kata Kadis Dispersip Nurhasani melalui Operator dan IT Fajri Salim saat menerima Kunjungan KPLK ke Pocadi Kampar, Selasa (22/02/2022).

Pocadi diharapkan dapat mendorong peningkatan minat baca dan peningkatan budaya literasi bagi masyarakat.

Kelebihan Pocadi, sambungnya, adalah menggunakan konsep digital library dalam membangun interaksi pemustaka melalui fitur dalam aplikasi iPusnas, baik untuk meminjam, membaca maupun untuk berbagi koleksi informasi.

"POCADI adalah wujud pelayanan publik bidang perpustakaan", kata Fajri lagi.

Fajri berharap kepada para pengurus KPLK, agar para aktivis literasi tersebut selalu membantu masyarakat terutama dalam menfaatkan pelayanan perpustakaan.

"Para aktivis literasi tersebut diharapkan dapat selalu semangat dan menjaga niat sucinya agar selalu menabur kebaikan di tengah masyarakat, sambung Fajri.

Sementara itu, Wakil Ketua KPLK, Pendri Nur Ali alias Andika Joe Pepen mengatakan, bahwa Pocadi sangat besar manfaatnya bagi masyarakat.

Terutama bagi siswa SMA sederajat dan para mahasiswa serta masyarakat umum.

Setiap masyarakat yang memiliki HP android dapat menjadi Pemustaka penuh pada Pocadi.

"Mereka dapat membaca dan meminjam buku pada Pocadi tersebut," ujar Andika Joe Pepen.

Lebih lanjut, Andika Joe Pepen juga menjelaskan, bagi masyarakat yang tidak memiliki HP android, juga tidak perlu bersedih hati.

"Karena dari hasil diskusi KPLK dengan petugas Pocadi, masyarakat yang tidak memiliki HP android juga bisa memanfaatkan fasilitas komputer yang telah disediakan oleh pemerintah di Pocadi tersebut," katanya lagi.

Pada Pocadi Kampar, terdapat tiga unit komputer yang telah disediakan untuk Pemustaka yang ingin mengambil manfaat pada Pocadi Kampar.

"Saatnya masyarakat Kampar menjadi masyarakat Cerdas, masyarakat cinta literasi, karena literasi untuk kesejahteraan," pungkas Andika Joe Pepen.**

(Edi)

Berita Terkait

Hj. Ellya Rosa Siregar Prioritaskan Pembangunan Jalan Pangkatan-Tanjung Serang Elang

Labuhanbatu, portalriau.com- Selaku Plt. Bupati Labuhanbatu, Hj Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, menyampaikan aspirasi masyarakat dibawah kepemimpinannya, aspirasi tersebut di sampaikan kepada anggota DPRD Propinsi Sumut…...

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Toba 2024

Labuhanbatu, Portalriau.com - Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, hadir mengikuti rangkaian Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2024, di lapangan Mapolres…...

PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia

JAKARTA, 15 Juli 2024 – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas komitmen dan dedikasinya dalam…...

Pelestarian Budaya Wayang Kulit Bulan Suro di Kabupaten Labuhanbatu

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pemerintah Desa Sei Nahodaris Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, kembali menggelar pertunjukan wayang kulit dalam rangka malam tirakatan mengisi Tahun Baru Islam Muharram…...

188 Siswa Angkatan XIII SMA Unggul Del Dikukuhkan, 5 Dari Labuhanbatu

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu diwakili Kepala Diskominfo Labuhanbatu, Ahmad Fadly Rangkuti ST M.kom menghadiri acara wisuda alumni angkatan X dan pengukuhan siswa…...