Mengaku Bupati dan Wabup Bengkalis, Tipu Pengurus Masjid Jami'atul Ikhlas Senggoro 48 Juta

Mengaku Bupati dan Wabup Bengkalis, Tipu Pengurus Masjid Jami'atul Ikhlas Senggoro 48 Juta

BENGKALIS -Portalriau.com - Nasib naas menimpa bendahara masjid Jami'atul Ikhlas desa Senggoro Bengkalis H Basri. Mantan Kabag Humas Pemkab Bengkalis itu harus kehilangan semua tabungan di rekeningnya sebesar Rp.48 juta dikuras oleh penipu yang mengaku mengirimkan sejumlah bantuan untuk pembangunan masjid Jami'atul Ikhlas dari Bupati Bengkalis, Wabup Bengkalis, Sekda Bengkalis, ketua DPRD Bengkalis dan dari Dinas Sosial.

Ceritanya begini, pada Sabtu malam (18/2) H Basri yang juga adalah ketua pembebasan lahan pembangunan masjid Jami'atul Ikhlas yang kebetulan sedang getol mencari dana untuk pembebasan lahan dan pembangunan masjid Jamiatul Ikhlas, mendapat pesan melalui WA dari orang yang mengaku Bagus Santoso, sembari memperkenalkan diri ke Basri bahwa dia adalah wabup dan bermaksud memberikan bantuan untuk masjid Jami'atul Ikhlas, sekaligus menjelaskan bahwa ada program donasi sekali lima tahun dari pemkab Bengkalis untuk masjid yakni dari bupati, wabup, sekda, ketua DPRD dan Dinas Sosial. Menurutnya nanti akan ada orang dari Dinas Sosial yang akan mengirimkan bantuan tersebut sembari meminta nomor rekening masjid.

Tak lama setelah itu ada orang yang mengaku dari Dinas Sosial bernama Maulana Ihsan mengabari ke H Basri bahwa dia sudah mentranfer uang sejumlah 18 jt ke rekening masjid. Tak lupa bukti tranfernya dikirim ke H Basri.

Untuk ucapan terima kasih, H Basri kemudian meneruskan bukti tranferan atas nama Bagus Santoso itu ke orang yang mengaku wabup itu dan mengucapkan terima kasih.

"Waktu meneruskan bukti tranfer kepada orang yang mengaku wabup Bagus Santoso, dia mengatakan uang yang 18 juta itu untuk bantuan masjid Jami'atul Ikhlas hanya Rp.8 juta, sisanya adalah untuk bantuan untuk panti asuhan sebesar Rp.8 juta dan 2 juta untuk saya pribadi. Dan dia minta saya mentranferkan kembali bantuan untuk panti asuhan sembari dia mengirimkan no rekening ," cerita H Basri.

Lanjut Basri, Maulana mengirimkan lagi bukti tranfer ke rekening masjid atas nama Kasmarni sebesar Rp.20 juta, bukti tranfers dari atau atas nama sekda sebesar Rp.45 juta, kemudian dari Khairul Umam sebesar 30 juta dan dari Dinas Sosial 22 juta.

Pihak pengurus masjid diminta untuk dapat menerima kunjungan wabup, sekda, dan ketua DPRD ba'da Zuhur pada Minggu (19/2) untuk menjelaskan perihal bantuan tersebut.

"Orang yang mengaku dari Dinas Sosial bernama Maulana itu mengatakan pula bahwa bantuan yang ditranfer dari Kasmarni Rp,10 juta untuk masjid dan untuk panti asuhan 10 juta. Sementara yang dari ketua DPRD untuk masjid sebesar 15 juta dan untuk panti asuhan 15 juta Demikian juga tranfer yang dari Sekda, untuk masjid hanya 25 juta dan sisanya untuk panti asuhan, Kemudian dari.Dinas Sosial untuk masjid hanya 15 juta dan sisanya untuk panti asuhan. Dia minta yang untuk panti asuhan itu ditranferkan kembali malam itu juga,"kata Basri.

Walau Basri sudah memberi alasan jika pihaknya tak dapat melakukan tranfer balik berhubung hari libur karena rekening masjid tidak ada kartu ATM, dan lagi buki rekening masjid bekim bisa diprint out untuk melihat ada tidaknya uang masuk. namun si penipu meminta Basri untuk rnenanggulangi dulu dengan rekening pribadinya.

"Dia terus minta tolong agar bantuan untuk pantian asuhan yang sudah terkrm ke rekening masjid itu di tranfer balik ke nomor rekening yang dikirim ke saya. Kebetulan di rekening saya ada simpanan untuk biaya kuliah anak saya sebesar Rp.48 juta.Sementara jumlah yang harus ditranfer untuk panti asuah itu sebesar Rp.60 juta. Si penipu mengatakan tak apalah tranfer berapa yang ada aja, besok boleh ditranfer sisanya . Karena memang percaya dengan bukti tranfer uang benar-benar seperti bukti tranfer asli, ditambah pula profil di WA yang mengatasnamakan wabup benar-benar foto Bagus Santoso, saya pun mengirimkan uang yang ada di rekening saya semuanya sebanyak 48 juta,"urai Basri.

Pagi Minggu, Basri pun memberitahu ketua masjid Jamiatul Ikhlas ustad Arjon jika ada bantuan masuk dari bupati, wabup, sekda, ketua DPRD dan Dinas Sosial, dan jika ba'da Zuhur, wabup bersama sekda dan ketua DPRD akan berkunjung ke masjid Jamiatul Ikhlas menjelaskan perihal penyerahan bantuan itu.

Saat shalat Zuhur, ketua masjid Jamiatul Iklhas menyampaikan ke jamaah jika ada kunjungan bupati, wabup, sekda .Namun sampai pukul 15.00 wib pengurus masjid menunggu kedatangan rombongan, yang ditunggu tak kunjung datang, pengurus masjid pun sudah pada pulang ke rumah masing-masing.

"Saya mulai curiga, kenapa hp orang mengaku dari Dinas Sosial itu tidak dapat lagi dihubungi. Dan juga nomor hp orang yang mengaku Bagus Santoso sudah hilang berikut foto di profilnya. Saya pun mendatangi panti asuhan Dayang Derma apakah ada rombongan dari pemkab yang akan menyerahkan bantuan, ternyata tidak ada sama sekali. Disitulah saya sadar jika sesungguhnya saya sudah tertipu. Lenyaplah tabungan untuk biaya kuliah anak saya ," lirih Basri.

Kendati tabungan terkuras habis oleh penipu, Basri hanya bisa tawakal dan berserah diri pada takdir Allah.

Berita Terkait

Pemkab Labuhanbatu Ikuti Pembelajaran ASN se-Propinsi Sumatera Utara

Labuhanbatu, portalriau.com - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu diwakili Asisten II Setdakab Labuhanbatu Drs. Ikramsyah Nasution mengikuti pembelajaran ASN se-Propinsi Sumatera Utara secara daring atas Kunjungan Kerja…...

BKPP Labuhanbatu Upayakan Penuntasan Masalah Disparitis Data ASN

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu Asrol Aziz Lubis MAP mengatakan saat ini pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui badan Kepegawaian,…...

Hj. Ellya Rosa Siregar Prioritaskan Pembangunan Jalan Pangkatan-Tanjung Serang Elang

Labuhanbatu, portalriau.com- Selaku Plt. Bupati Labuhanbatu, Hj Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, menyampaikan aspirasi masyarakat dibawah kepemimpinannya, aspirasi tersebut di sampaikan kepada anggota DPRD Propinsi Sumut…...

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Toba 2024

Labuhanbatu, Portalriau.com - Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, hadir mengikuti rangkaian Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2024, di lapangan Mapolres…...

PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia

JAKARTA, 15 Juli 2024 – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas komitmen dan dedikasinya dalam…...