Tinjau Lapangan Pengeboran, Manajemen PHR Kembali Tegaskan Pentingnya Keselamatan Kerja ke Mitra

Tinjau Lapangan Pengeboran, Manajemen PHR Kembali Tegaskan Pentingnya Keselamatan Kerja ke Mitra

MINAS, Portalriau.com- 17 Maret 2023 – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berkomitmen terhadap aspek kesehatan, keselamatan, keamanan dan lingkungan atau HSSE yang menjadi salah satu kunci utama keberhasilan operasi, terlebih PHR merupakan penyumbang seperempat produksi minyak nasional. Pentingnya aspek ini kembali ditegaskan oleh manajemen PHR kepada mitra kerja demi kelancaran kegiatan di lapangan.

Hal ini disampaikan oleh EVP Upstream Business PHR WK Rokan Edwil Suzandi kepada pekerja PHR maupun mitra kerja saat Management Walk Through (MWT) atau kunjungan ke lapangan di Minas Gas Turbine (MGT) dan Rig Airlangga 99 Sumur Minas 2043/5B-77E, Jumat (17/3/2023). Kegiatan MWT ini sendiri berkala dilakukan manajemen PHR untuk pengawasan dan evaluasi di lapangan.

Dalam meningkatkan budaya HSSE, peninjauan ke lapangan ini merupakan salah satu kunci keberhasilan PHR dalam industri migas. Manajemen yang hadir memeriksa langsung peralatan dan aktivitas rig guna memastikan aspek keamanan dan keselamatan. Selain itu, manajemen PHR juga berdialog hingga melakukan wawancara untuk menguji pemahaman para pekerja tentang aspek keselamatan kerja.

Edwil menegaskan, aspek keamanan dan keselamatan menajadi nomor satu dan di atas kepentingan produksi. "Kami tidak meminta terburu-buru, jalankan semua dengan selamat. Mohon kita semua jalankan komitmen dan implementasikan ini di lapangan," tegasnya.

Ia juga meminta para pekerja agar tidak ragu menghentikan pekerjaan atau Stop Work Authority (SWA) apabila menemukan potensi bahaya yang mengancam keselamatan di lapangan. Ia menekankan bahwa setiap pekerja harus disiplin 'Golden Rules' yaitu patuh, intervensi, peduli pada lingkungan sekitar dan mengingatkan kepada manajemen perusahaan mitra kerja bahwa SWA adalah hak semua pekerja tanpa memandang golongan dan jabatan demi keselamatan bersama.

"Kita wajib menjaga operasional yang aman. WK Rokan ini kelas dunia, jadi mitra kerjanya harus kelas dunia juga, artinya harus lebih baik. Keinginan dan tujuan kita sama, yaitu untuk meningkatkan safety," tegasnya.

Selain Manajemen PHR, di lokasi juga hadir Dirut PT Asia Petrocom Service (APS), AR Wawo yang merupakan mitra kerja. Para pekerja di rig yang didominasi dari perusahaan APS tersebut dicek satu persatu kesigapan dan pengetahuannya tentang aspek HSSE.

Jajaran manajemen PHR juga berdialog dengan para Short Service Employe (SSE) terkait kapasitas dan pengetahuan mereka. "Kami siap mempertahankan dan menjalankan instruksi tersebut, keselamatan adalah yang paling utama," tutur AR Wawo.

Sebelumnya, PHR bersama sejumlah perusahaan mitra kerja juga telah menyatakan komitmen bersama dalam penguatan penerapan HSSE. Penguatan keselamatan kerja ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama pada acara Pertemuan Forum Mitra Kerja 2023 di Pekanbaru, sehari sebelumnya, Kamis (16/3/2023.

Komitmen bersama ini merupakan bentuk penguatan dan penegasan PHR di mana keselamatan merupakan paling utama dalam bekerja. Mengedepankan aspek safety dalam semua kegiatan bisnis untuk kelangsungan usaha serta memastikan pekerja berangkat dan pulang dengan selamat.

# # # # # #

TENTANG PHR WK ROKAN

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018.

Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021. Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar dan andal. PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations). WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina. Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan.

Berita Terkait

Pemkab Labuhanbatu Ikuti Pembelajaran ASN se-Propinsi Sumatera Utara

Labuhanbatu, portalriau.com - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu diwakili Asisten II Setdakab Labuhanbatu Drs. Ikramsyah Nasution mengikuti pembelajaran ASN se-Propinsi Sumatera Utara secara daring atas Kunjungan Kerja…...

BKPP Labuhanbatu Upayakan Penuntasan Masalah Disparitis Data ASN

Labuhanbatu, Portalriau.com- Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu Asrol Aziz Lubis MAP mengatakan saat ini pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui badan Kepegawaian,…...

Hj. Ellya Rosa Siregar Prioritaskan Pembangunan Jalan Pangkatan-Tanjung Serang Elang

Labuhanbatu, portalriau.com- Selaku Plt. Bupati Labuhanbatu, Hj Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, menyampaikan aspirasi masyarakat dibawah kepemimpinannya, aspirasi tersebut di sampaikan kepada anggota DPRD Propinsi Sumut…...

Plt. Bupati Labuhanbatu Hadiri Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Toba 2024

Labuhanbatu, Portalriau.com - Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, hadir mengikuti rangkaian Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2024, di lapangan Mapolres…...

PHR Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia

JAKARTA, 15 Juli 2024 – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas komitmen dan dedikasinya dalam…...