KNPI Riau Minta Kepala Daerah Sejalan Wujudkan Visi Misi Riau,Dimomentum Hari Jadi Ke-65 Provinsi

KNPI Riau Minta Kepala Daerah Sejalan Wujudkan Visi Misi Riau,Dimomentum Hari Jadi Ke-65 Provinsi

Pekanbaru--Momentum Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Riau koordinasi Gubernur Riau dengan bupati/walikota di Provinsi Riau dapat ditingkatkan.

Koordinasi yang baik antar kepala daerah di Riau diharapkan KNPI Riau dalam membawa dampak positif bagi pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat 12 kabupaten/kota se-Riau.

“Momentum Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau tahun 2022, kami KNPI Riau minta koordinasi bupati/walikota dengan Gubernur Riau atau Gubernur Riau dengan bupati/walikota harus sejalan dalam rangka mewujudkan visi dan misi Riau kedepan, serta mengatasi masalah klasik di Bumi Lancang Kuning ini,” kata Ketua KNPI Provinsi Riau, Fuad Santoso kepada Wartankri.com, Ahad (7/8/2022).

Fuad mengatakan, komitmen masyarakat Riau tertuang dalam visi dan misi riau 2020 kemudian diperpanjang menjadi 2025 menyatakan, bahwa “Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin, di Asia Tenggara Tahun 2025”.

“Visi dan misi ini harus tetap menjadi komitmen semua pihak untuk mewujudkannya. Karena itu kepala daerah di Provinsi Riau harus kompak mewujudkan visi dan misi itu,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Fuad, di Riau sendiri tiga isu klasik dari masa bermasa belum teratasi, dan itu buruh kerjasama antar gubernur dan bupati/walikota se-Riau.

Pertama, isu Sumber Daya Manusia (SDM), kedua infrastuktur dan ketiga kehadiran perusahaan belum mampu secara maksimal memberikan manfaat bagi masyarakat Riau.

Namun persoalan lain, kata Fuad, di dalam kondisi pandemi Covid-19 beransur-ansur mulai berlalu. Belakangan masyarakat mengalami masa sulit akibat pandemi.

“Saatnya ekonomi kita bangkit pasca badai pandemi dengan cara semua pihak sesuai dgn tanggung jawab dan peran berbuat untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Karena itu, pradigma baru peningkatan ekonomi masyarakat harus dilakukan pemerintah,” paparnya.

Menurut Fuad, selama ini Riau yang dikenal kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA), baik minyak maupun sawit tidak bisa diandalkan. Untuk itu, pemerintah harus mulai mencarikan alternatif sumber ekomomi baru bagi masyarakat, salah satu alternatifnya adalah potensi parawisata Riau.

“Riau memiliki potensi wisata tentang kebudayaan Melayu (sejarah, peninggalan berbentuk benda dan tidak benda), keindahan alam dan event yang menjadi agenda parawisata. Pemerintah harus fokus dengan alternatif ekonomi baru bagi masyarakat dan juga bisa menghasilkan PAD bagi pemerintah daerah,” tukasnya.

Berita Terkait

Bupati Bengkalis Kasmarni, Buka MTQ Ke VI Tingkat Kecamatan Bathin Solapan

Bathin Solapan,– Bupati Bengkalis Kasmarni membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VI tingkat Kecamatan Bathin Solapan, bertempat di halaman Kantor Camat Bathin Solapan, Senin, 22 Juli…...

Pemprov Riau Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi, Berkat Operasi PHR di Blok Rokan

PEKANBARU, 23 Juli 2024 – Keberadaan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. PHR dinilai memberikan…...

Pimpin Apel Gabungan Asisten III: " pentingnya sistem keamanan yang berbasis elektronik"

Labuhanbatu, Portalriau.com- Asisten lll Zaid Harahap S.OS mengatakan pada tanggal 20 Juni 2024 yang lalu terjadi peretasan oleh data Ransomware Lockbit 3.0 terhadap PDNS (Pusat…...

Program Penguatan Vokasi PHR Membuka Asa Muhammad Nizam Merajut Sukses

Pekanbaru, Portalriau.com- 15 Juli 2024 – Muhammad Nizam tidak melewatkan kesempatan begitu mendapat informasi adanya kegiatan pelatihan komputer adminsitrasi perkantoran lewat Program Penguatan Vokasi PT…...

Jalankan Tata Kelola Perusahaan, PHR Dorong Mitra Kerja Komitmen Terhadap Anti Korupsi

Jakarta - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan berkomitmen dalam menerapkan tata kelola Perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) pada…...